Profil Pemerintah Provinsi Bali

Profil Pemerintah Provinsi Bali. Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang wilayahnya terdiri atas satu pulau, yaitu Pulau Bali dan beberapa pulau-pulau kecil di sekitarnya. Di antara pulau kecil tersebut, pulau yang paling besar adalah Nusa Penida yang berada di tenggara Pulau Bali. Luas seluruh wilayah Provinsi Bali adalah 5633 km2.

Bentuk Pulau Bali seperti kipas yang direntangkan, yang di bagian tengahnya terdapat pegunungan yang memanjang dari barat ke timur. Pegunungan ini sekaligus sebagai batas alam antara Bali bagian utara dan Bali bagian selatan. Gunung tertinggi di Bali adalah Gunung Agung (3.142 m dpl) yang terletak di Kabupaten Karang Asem. Gunung lainnya, yaitu Gunung Batur (1717 m dpl).
Profil Pemerintah Provinsi Bali
Provinsi Bali
Kondisi Bali bagian utara memiliki dataran rendah yang sempit. Hal ini berbeda dengan Bali bagian selatan. Dataran rendah di Bali selatan menghampar dari Kabupaten Jembrana di barat sampai Kabupaten Karang Asem di timur. Di bagian ujung selatan terdapat semenanjung yaitu Benoa.  Di Bali terdapat beberapa sungai, yang sebagian besar mengalir ke arah selatan dengan sungai terpanjangnya, yaitu Sungai Ayung. Sungai-sungai lainnya, yaitu sungai Pangi, Maran, Ho, dan Empas. Selain sungai, di Bali juga terdapat danau yaitu Danau batur, Beratan, Buyan, dan Tamblingan.  Dari segi masyarakatnya, Bali didiami oleh suku bangsa Bali, Suku Bali dapat dibagi dua, yaitu masyarakat Bali Aga dan masyarakat Bali Majapahit. Bali Aga berarti Bali pegunungan mereka biasa juga disebut Bali asli. Bali majapahit mendiami daerah dataran rendah di bagian selatan Pulau Bali.

Sebagian besar masyarakat Bali menganut agama Hindu. Agama ini tercermin dalam segala aspek kehidupan. Masyarakat Hindu Bali memiliki pembagian kasta di dalam masyarakatnya sebagaimana juga masyarakat Hindu di India. Namun dalam kehidupan sehari-hari di Bali, pembagian kasta ini tidak berlaku secara ketat kecuali dalam upacara keagamaan. Sekitar 90 persen penduduk Hindu Bali termasuk dalam kategori kasta Sudra atau kasta orang biasa. Bahasa Bali pun dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Bali pengunungan dan Bali dataran. Masyarakat Bali memiliki adat istiadat dan seni yang khas. Adat istiadat dan seni ini sangat berkaitan dengan agama hindu yang dianutnya. Bagi masyarakat Bali, seni telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Seni selalu dibutuhkan dan selalu ada dalam setiap kegiatan kemasyarakatan di Bali apakah itu kegiatan keagamaan, sosial, budaya dan lain-lain. Kegiatan mengukir dan melukis selalu dilakukan dalam setiap acara sosial atau keagamaan.

0 Response to "Profil Pemerintah Provinsi Bali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel