Teknik Dasar Permainan Kasti

Teknik Dasar Permainan Kasti. Anak-anak rata-rata menyukai permainan. Bentuk permainan anak bermacam-macam. Ada permainan bola kecil, permainan bola besar, atapun permainan yang lain. Permainan tersebut dapat dilakukan secara perorangan atau beregu. Sebagian permainan mengandung unsur-unsur olahraga dan kebugaran.

Kasti termasuk olahraga permainan. Kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan kasti dimainkan oleh dua regu. Setiap regu terdiri atas 12 orang. Teknik dasar permainan kasti terdiri dari teknik memukul, melempar, menangkap bola, mematikan lawan dengan bola, dan menghindar dari lemparan lawan.
Teknik Dasar Permainan Kasti
Teknik Melempar Bola Lambung atau Tinggi

A. Teknik Memukul Bola

Memukul bola merupakan salah satu teknik dalam permainan kasti. Memukul bola dapat dilakukan dengan keras atau lemah. Hal itu bergantung pada tujuannya. Memukul bola bertujuan untuk merubah arah bola. Sebelum bola dipukul bola harus dilempar atau dilambungkan terlebih dahulu dari jarak tertentu. Mintalah temanmu untuk melempar bola. Di dalam permainan kasti, ada beberapa teknik memukul bola, yaitu: teknik pukulan lurus, atas atau lambung dan samping.

1. Teknik Pukulan Lurus

Cara melakukannya sebagai berikut. Posisi badan menghadap pelambung. Stik pemukul dipegang dengan kuat dan posisi kaki agak terbuka. Sebelum memukul bola, mintalah pada pelambung agar bola yang datang lurus, mengarah ke dada, dan tidak terlalu cepat. Untuk menghasilkan pukulan yang keras, ayunkan tangan diikuti gerakan badan. Posisi kaki disesuaikan dengan gerakan tangan. Apabila tangan kanan memukul maka posisi kaki kiri di depan.

2. Teknik Pukulan Atas atau Lambung

Cara melakukannya sebagai berikut. Posisi badan tegak dengan kedua kaki terbuka. Tangan yang memegang stik pemukul mengayun dari bawah ke atas. Pandangan agak ke atas mengarah bola yang akan dipukul. Tangan menggenggam stik pemukul dengan baik. Posisi kaki disesuaikan dengan gerakan tangan. Apabila tangan kanan memukul maka posisi kaki kiri di depan.

3. Teknik Pukulan Samping

Cara melakukannya sebagai berikut. Posisi badan agak miring atau menyamping. Kedua kaki terbuka sama seperti pada pukulan atas. Misalnya, memukul dengan tangan kanan, posisi kaki kanan berada di depan. Kemudian, bola dipukul sekuatnya dengan arah menyamping.

B. Teknik Melempar Bola

Melempar bola termasuk teknik dalam permainan kasti. Melempar bola disesuaikan dengan arah dan kecepatan tertentu. Lemparan bola diberikan pada pemukul dan untuk mematikan lawan. Latihan melempar bola dapat dilakukan secara individu atau berpasangan. Dalam permainan kasti, ada beberapa cara melempar bola, yaitu: teknik melempar bola rendah, datar, dan lambung atau tinggi.

1. Teknik Melempar Bola Rendah

Cara melakukannya sebagai berikut. Bola dipegang dengan tangan kanan atau kiri. Ayunkan tangan yang memegang bola, dari belakang ke depan sambil melepaskan bola. Posisi badan tegak dan pandangan lurus ke depan. Posisi kaki disesuaikan dengan tangan yang memegang bola. Apabila tangan kanan yang melempar, posisi kaki kiri berada di depan. Tujuannya agar bola mengarah yang dituju dengan sempurna.

2. Teknik Melempar Bola Datar

Cara melakukannya sebagai berikut. Tangan yang memegang bola berada di samping pinggang. Posisi telapak tangan yang memegang bola menghadap ke depan. Posisi kaki terbuka dan badan agak miring. Bola dilemparkan lurus ke arah yang dituju.

3. Teknik Melempar Bola Lambung atau Tinggi

Cara melakukannya sebagai berikut. Posisi tangan yang memegang bola berada di samping kepala dan ditekuk menghadap ke depan. Ayunkan tangan yang memegang bola dari arah belakang kepala. Lepaskan bola dari tangan lurus ke depan. Posisi kaki disesuaikan dengan tangan yang melempar. Tujuannya agar mendapat lemparan yang sempurna.

C. Teknik Menangkap Bola

Selain memukul bola dan melempar bola, teknik lain dalam permainan kasti adalah menangkap bola. Bola yang datang dari arah tertentu mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, teknik menangkap bola perlu dikuasai. Beberapa teknik menangkap bola dalam permainan kasti, yaitu: menangkap bola rendah dari arah depan, menangkap bola datar dari arah depan, dan menangkap bola lambung dari arah depan.

1. Menangkap Bola Rendah dari Arah Depan

Cara melakukannya sebagai berikut. Posisi badan agak membungkuk. Kedua kaki terbuka sejajar. Adapun kedua tangan menggantung berada di depan kaki. Pandangan lurus ke depan. Usahakan setiap tangkapan bola menggunakan kedua tangan.

2.  Menangkap Bola Datar dari Arah Depan

Cara melakukannya sebagai berikut. Posisi badan tegak dengan kedua kaki agak terbuka. Kedua tangan dilipat, dengan posisi telapak tangan di depan dada. Pandangan tetap ke depan. Biasakan menangkap bola dengan kedua tangan.

3) Menangkap bola lambung dari arah depan

Cara melakukannya sebagai berikut. Posisi badan tegak dengan kedua kaki terbuka. Pandangan lurus ke depan. Pada waktu bola datang, segera ditangkap dengan kedua tangan. Pandangan ke arah bola. Posisi kedua tangan pada waktu menangkap bola berada di depan muka agak ke atas.


D. Mematikan Lawan dengan Bola

Dalam permainan kasti, setiap regu penjaga harus mampu mematikan regu pemukul. Cara mematikan regu pemukul yaitu:
  1. Mematikan lawan dengan cara melempar pelari.
  2. Menangkap langsung bola yang dipukul.
  3. Membakar ruang bebas, jika ruang bebas kosong.

E. Menghindar dari Lemparan Lawan

Regu pemukul dalam permainan kasti harus mampu menghindar dari lemparan lawan. Cara menghindar dari lemparan lawan dengan cara berlari. Berlari dengan berbagai variasi yaitu:
  1. Berbagai teknik berlari harus dikuasai saat bermain.
  2. Bila bola ke arah timur maka kita berlari ke arah barat.
  3. Ketika dikejar oleh penjaga lapangan maka kita berlari dengan cara berkelok-kelok, loncat ke atas saat dilempar, atau menjatuhkan diri.
Keberhasilan permainan kasti ditentukan oleh cara menyelamatkan diri dari lemparan bola. Berbagai teknik berlari harus dikuasai saat bermain. Dengan cara demikian, regu pemukul terhindar dari lemparan bola.

0 Response to "Teknik Dasar Permainan Kasti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel