Nilai-Nilai Kebersamaan dalam Perumusan Pancasila

Nilai-Nilai Kebersamaan dalam Perumusan Pancasila. PPKI mengadakan sidang pertama anggal 18 Agustus 1945. Sebelum sidang dimulai Drs. Moh. Hatta berkonsultasi dengan empat tokoh pemuka Islam yaitu Ki Bagus Hadikusumo, Mr. Kasman Singodimejo, KH. Wakhid Hasyim, Teuku Moh Hasan. Konsultasi itu dimaksudkan untuk membahas masal ah rancangan pembukaan UUD yang terdapat dalam Piagam Jakarta.

Baca Tokoh Pendiri Bangsa Indonesia
Riwayat Singkat K.H. Wakhid Hasyim
Riwayat Singkat Prof Dr R. Soepomo, SH.
Riwayat Singkat Mr. Moh. Yamin
Baca Bapak Proklamator
Riwayat Singkat Drs. Mohammad Hatta
Riwayat Singkat Ir. Soekarno
Nilai-Nilai Kebersamaan dalam Perumusan Pancasila
Teks Proklamasi
Pembahasan itu mengenai sila pertama Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan dengan Kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya-pemeluknya”. Hal itu karena tokoh-tokoh Indonesia Timur merasa keberatan, bahkan mengancam akan mendirikan negara Indonesia Timur. Menurut mereka, dengan rumusan seperti itu seolah-olah Pancasila hanya mengatur satu golongan saja dari bangsa Indonesia. Golongan yang lain tidak mendapat tempat padahal Indonesia terdiri atas berbagai macam golongan, suku, bangsa, dan agama. Demi menjaga keutuhan serta menjaga keberagaman komponen bangsa dan negara, maka dalam waktu 15 menit dicapai kata sepakat untuk menghilangkan kalimat “dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemelukpemeluknya”. Dengan demikian,bunyi sila pertama Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa’. Akhirnya rapat pleno PPKI berlangsung lancar. Pembahasan rancangan pembukaan
UUD 1945 berhasil dibahas dalam tempo kurang dari 2 jam.

Dari uraian di atas, kamu dapat mengambil pelajaran bahwa para tokoh perumus Piagam Jakarta telah menunjukkan jiwa besar dan semangat nasionalisme yang tinggi. Mereka bersedia menerima keputusan bersama dalam sidang PPKI tersebut. Mereka tidak mengutamakan kepentingan pribadi atau golongannya. Mereka lebih mengutamakan kepentingan bersama, meskipun ada yang harus mengorbankan pendapatnya. Sikap yang perlu kita teladani adalah:
  1. Saling menghormati dan menghargai hak orang lain;
  2. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan;
  3. Lapang dada;
  4. Berjiwa besar;
  5. Rasa tanggung jawab.

0 Response to "Nilai-Nilai Kebersamaan dalam Perumusan Pancasila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel