Pengertian dan Jenis-Jenis Simbiosis Lengkap dengan Contohnya

Pengertian dan Jenis-Jenis Simbiosis Lengkap dengan Contohnya. Tahukah kamu, apa simbiosis itu? Simbiosis adalah hubungan yang khas antara dua makhluk hidup yang hidup bersama-sama. Simbiosis bertujuan sebagai usaha makhluk hidup untuk bertahan hidup di lingkungannya. Adapun jenis-jenis simbiosis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

1. Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan. Misalnya pada tumbuhan berbunga dengan kupukupu. Tumbuhan berbunga mengandung nektar. Nektar merupakan makanan kupu-kupu. Kupukupu akan mengisap nektar yang ada di dalam bunga tersebut.

Hal ini tidak merugikan bunga tetapi menguntungkan bunga. Bunga membutuhkan kupu-kupu untuk membantu terjadinya penyerbukan. Saat kupukupu mengisap nektar, kupu-kupu menyebabkan serbuk sari menempel pada kepala putik. Akibatnya, penyerbukan dapat terjadi.

Dari peristiwa ini, bunga dan kupu-kupu saling mendapatkan keuntungan. Kupu-kupu mendapatkan makanan dan bunga dapat melakukan penyerbukan. Dapatkah kamu memberikan contoh yang lain?

Pengertian dan Jenis-Jenis Simbiosis  Lengkap dengan Contohnya
Pengertian dan Jenis-Jenis Simbiosis Lengkap dengan Contohnya

2. Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan. Simbiosis komensalisme terjadi pada anggrek dengan pohon besar di hutan hujan tropis.

Di hutan hujan tropis banyak terdapat pohon-pohon besar dan tinggi. Kondisi seperti ini menyebabkan anggrek kesulitan mendapatkan cahaya matahari. Hal ini karena tubuh anggrek tidak tinggi. Oleh karena itu, anggrek sering menempel pada pohon besar. Tujuannya untuk mempermudah mendapatkan cahaya
matahari.

Anggrek diuntungkan karena bisa mendapatkan cahaya matahari. Pohon besar tidak mendapatkan keuntungan tetapi tidak juga mendapatkan kerugian. Hal ini karena anggrek tidak mengambil makanan dari pohon besar tersebut. Hubungan anggrek dengan pohon besar itu disebut simbiosis komensalisme. Dapatkah kamu menyebutkan contoh yang lain?

3. Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antarmakhluk hidup yang menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain. Contohnya adalah tumbuhan tali putri dengan tumbuhan yang ditumpangi (inang). Biasanya tali putri menempel pada tanaman pagar.

Tali putri tidak bisa menghasilkan makanan, karena tidak memiliki zat hijau daun (klorofil). Untuk memperoleh makanan, tali putri hidup menempel pada tumbuhan inang dan mengambil sari makanan yang dihasilkan tumbuhan inang. Tali putri diuntungkan karena mendapatkan makanan. Namun, tumbuhan inang dirugikan karena makanannya diserap oleh tali putri. Dapatkah kamu menyebutkan contoh yang lain?

0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Simbiosis Lengkap dengan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel