14 Hewan Langka dan Hampir Punah di Indonesia

14 Hewan Langka dan Hampir Punah di Indonesia. Indonesia memiliki banyak jenis hewan yang hanya ada di Indonesia. Contohnya, orangutan, komodo, dan anoa. Kini hewan tersebut terancam punah. Dapatkah kamu menyebutkan contoh hewan lainnya?

Ancaman kepunahan hewan tersebut sangat memprihatinkan. Jika satu jenis hewan punah, tidak akan ada jenis hewan lain yang dapat menggantikannya. Berikut ini contoh beberapa hewan yang dilindungi dan terancam punah.

14 Hewan Langka dan Hampir Punah di Indonesia
Orangutan

1. Orangutan

Adakah yang pernah melihat orangutan? Orangutan hidup di hutan-hutan yang terdapat di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Keberadaannya mulai terancam akibat aktivitas manusia. Aktivitas seperti apakah yang mengancam keberadaan orangutan? Orangutan banyak diburu dan dirusak tempat hidupnya.

2. Komodo

Komodo adalah kadal terbesar di dunia. Komodo hanya hidup di Kepulauan Flores terutama hidup di Pulau Komodo. Komodo membutuhkan 5 tahun untuk tumbuh sampai ukuran 2 meter. Komodo dapat hidup sampai 30 tahun. Komodo dewasa dapat menyerang manusia. Tahukah kamu, apa yang mengancam keberadaan komodo?

3. Anoa

Anoa merupakan binatang khas dari Pulau Sulawesi. Hewan tersebut hanya hidup di Pulau Sulawesi. Jumlah hewan itu terus berkurang karena tempat hidupnya terus dirusak.

4. Harimau Sumatra

Harimau Sumatra merupakan jenis harimau terakhir yang masih hidup di Indonesia. Harimau Sumatra terus diburu karena meningkatnya permintaan bagian tubuhnya. Kulit harimau banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti tas, sepatu, ataupun bahan pakaian. Harimau Sumatra akan punah jika terus diburu.

5. Badak Jawa

Badak Jawa terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Hewan tersebut terancam punah. Badak Jawa disebut juga badak bercula satu.

6. Kura-kura Berleher Ular

Meskipun jenis kura-kura itu baru ditemukan, tetapi hewan tersebut sudah terancam punah. Hewan itu hanya terdapat di Pulau Roti, Indonesia. Hewan itu banyak diburu untuk dijual ke luar negeri.

7. Penyu Hijau

Jumlahnya semakin berkurang dan terancam punah. Penyebabnya adalah pantai-pantai rusak dan perburuan liar. Hewan itu dapat ditemukan di Pantai Pangumbahan dan Suaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat.

8. Ikan Pari Hiu

Ikan pari hiu ditemukan di Lautan Indonesia Timur. Hewan itu ditangkap untuk memenuhi permintaan rumah makan. Jumlahnya sekarang semakin berkurang.

9. Ikan Gergaji Bergigi Besar

Sama seperti ikan pari hiu, ikan gergaji bergigi besar ditemukan di Lautan Indonesia Timur. Kondisinya pun sama, keberadaannya semakin berkurang. Hewan ini dimanfaakan untuk makanan.

10. Burung Cendrawasih

Burung cendrawasih terancam punah karena terus diburu. Burung itu diburu karena memiliki bulu yang indah. Padahal burung itu hanya ditemukan di Papua.


11. Burung Jalak Bali

Jalak Bali memiliki penampilan yang indah dan elok. Karena keindahannya, banyak orang yang menginginkannya untuk dijadikan koleksi. Jumlahnya semakin berkurang. Sesuai dengan namanya, burung ini hanya ditemukan di Pulau Bali.

12. Burung Caerulean paradise

Burung itu sekarang jumlahnya tidak lebih dari 100 ekor. Kerusakan tempat hidupnya di Sangihe, Sulawesi, menjadi penyebab burung ini terancam punah.

13. Burung Kakatua Jambul Kuning

Burung itu banyak diperdagangkan di Jawa, Bali, bahkan di Singapura. Jumlahnya semakin hari semakin berkurang. Burung itu memiliki jambul yang khas sehingga banyak dicari.

14. Burung Maleo

Maleo hanya ditemukan di hutan Sulawesi. Telur burung itu lima kali lebih besar daripada telur ayam. Burung itu terancam punah karena berbagai faktor. Hutan yang rusak dan tingkat kematian anak burung yang tinggi mengancam keberadaan burung ini.

0 Response to "14 Hewan Langka dan Hampir Punah di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel