Ciri Khusus Hewan Cecak

Ciri Khusus Hewan Cecak. Pernahkah kamu melihat cecak yang merayap di dinding rumahmu? Apakah makanan cecak? Mengenal hewan yang satu ini sangatlah mudah kita kenali, sejenak kita menyanyikan lagu anak cecak-cecak di dinding............. dan seterusnya. Saat ini Dokumen guru mengajak pembaca sekalian untuk lebih mengenali ciri khusus hewan cecak. Cecak sangat unik dan yang jelas ajaib juga. Ajaibnya dimana ya? Salah satunya hewan ini mampu memanjat dinding lho. Agar lebih mudah memahami mari kita simak bersama-sama materi berikut ini:

Cecak merupakan reptilia (hewan melata) yang hidup di pohon atau di rumah. Makanan cecak ialah serangga, seperti nyamuk. Nyamuk merupakan serangga yang dapat terbang, sedangkan cecak tidak dapat terbang. Bagaimana cecak dapat menangkap nyamuk?
Ciri Khusus Hewan Cecak
Ternyata, cecak telah memiliki ciri khusus, sehingga cecak dapat bertahan hidup di lingkungannya. Apakah ciri khusus yang dimiliki oleh cecak? Mungkin kamu sering melihat cecak yang merayap di dinding. Cecak tersebut dapat merayap tanpa jatuh. Bahkan, cecak dapat merayap di langitlangit rumahmu tanpa jatuh. Seolah-olah badan dan kakinya menempel pada dinding atau langit-langit.

Telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit-langit. Setelah cukup dekat dengan serangga yang akan dimangsanya, dengan cepat, cecak akan menangkap serangga dengan lidahnya. Jadi, lidah cecak pun merupakan ciri khusus yang dimiliki cecak. Cecak memiliki lidah yang panjang dan lengket. Oleh karena itu, dengan sekali menjulurkan lidahnya, serangga langsung menempel pada lidahnya dan dilahapnya. Dari uraian tersebut, kamu tentu sudah dapat memahami ciri khusus yang dimiliki oleh cecak sehingga cecak dapat bertahan hidup.

0 Response to "Ciri Khusus Hewan Cecak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel