Tahap-Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Tahap-Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Coba kamu amati kembali foto-fotomu dari bayi hingga sekarang! Adakah perubahan pada fisik atau tubuhmu? Keadaan tubuhmu sekarang berbeda dengan dahulu. Manusia mengalami perkembangan dan pertumbuhan fisik semasa hidupnya. Selain fisik, manusia juga mengalami perubahan mental. Untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, mari kita pelajari lebih lanjut.

Manusia tumbuh dan berkembang. Coba kamu perhatikan seorang bayi! Badannya kecil, lemah, dan belum bisa bergerak banyak. Gerak seorang bayi masih terbatas. Dia hanya mampu menggerakkan kaki dan tangannya. Dengan bertambahnya usia maka bayi tersebut mulai bisa tengkurap, kemudian duduk. Artinya badannya sudah mulai dapat bergerak dan ototnya bertambah kuat. Badannya juga tumbuh menjadi lebih besar. Kemudian dia mulai belajar berdiri dan akhirnya dapat berjalan. Hal itu menunjukkan bahwa otot kakinya sudah semakin kuat. Jadi pertumbuhan berbeda dengan perkembangan. Pertumbuhan merupakan proses perubahan volume, ukuran, bentuk, dan fungsi pada makhluk hidup. Contohnya tubuhnya menjadi besar. Sedangkan perkembangan berkaitan dengan pertambahan kemampuan makhluk hidup. Contohnya manusia dapat berjalan dan berbicara.
Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan fisik maka bayi tersebut juga mengalami perkembangan mental. Mula-mula dia hanya mampu mengucapkan satu kata. Dengan bertambahnya usia dia dapat mengucapkan beberapa kata. Rasa ingin tahu dan memiliki pada seorang bayi juga mulai tampak. Apabila dia memegang sesuatu maka dia akan mengamatinya bahkan tidak mau melepas karena ada rasa ingin memiliki. Perkembangan mental lainnya adalah rasa ingin diperhatikan, dan disayangi. Jadi tampak bahwa pada seseorang terjadi pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental secara berkesinambungan. Tahapan-tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dapat dituliskan seperti berikut:
  1. Bayi, yaitu sejak kelahiran hingga usia 1 tahun.
  2. Balita, yaitu usia 1 sampai dengan 4 tahun.
  3. Anak-anak, yaitu usia 5 hingga 10 tahun.
  4. Remaja, yaitu usia 11 hingga 20 tahun.
  5. Dewasa, yaitu usia 21 sampai dengan 49 tahun.
  6. Tua, yaitu usia 60 sampai dengan 65 tahun.
  7. Lanjut usia, yaitu usia di atas 66 tahun.
Tahap-Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Pertumbuhan dan perkembangan manusia
Pertumbuhan badan sangat pesat terjadi pada masa bayi hingga anak-anak. Pada masa ini perkembangan organ-organ reproduksinya belum maksimal. Namun, karena faktor lingkungan, ada yang mengalami masa yang lebih cepat. Anak-anak sudah dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk, yang bagus dan jelek. Terkadang anak-anak sudah dapat menentukan apa yang layak untuk dirinya. Pada masa remaja organ-organ reproduksinya sudah berkembang. Perkembangan organ-organ reproduksi dipengaruhi oleh hormon (hormon adalah zat yang dihasilkan tubuh untuk mengendalikan proses-proses di dalam tubuh). Setelah masa remaja adalah masa dewasa. Pada masa ini, seseorang dianggap sudah matang baik dalam jiwa dan rasa percaya diri. Perkembangan fisik orang dewasa sudah maksimum. Setelah melewati masa dewasa maka manusia memasuki usia lanjut. Pada usia ini, manusia mengalami banyak perubahan. Contohnya kemampuan lensa mata.

0 Response to "Tahap-Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel