Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional (UN) Tahun 2017
Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional (UN) Tahun 2017

Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional (UN) Tahun 2017

Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional (UN) Tahun 2017. Ujian nasional merupakan pintu utama untuk menentukan kelulusan bagi siswa. Pro dan kontra pelaksanaan Ujian Nasional selalu hadir dalam setiap paket kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Bagi yang setuju menganggap pelaksanaan Ujian Nasional bukanlah suatu hal yang menakutkan untuk siswa karena memandang sebagai wujud pertanggungjawaban atas pembelajaran selama di bangku sekolah. Bahkan menilai sebagai tantangan tersendiri dalam melewati hal yang satu ini. Namun, di sisi lain tak jarang pula ada yang beranggapan Ujian Nasional adalah hal-hal yang sangat menakukutkan. Betapa tidak menakuktkan siswa yang belajar selama bertaun-tahun hanya ditentukan dalam waktu hitungan hari. Itupun masih melewati masa dimana menunggu hasil ujian dalam hitungan bulan.

Kunci Sukses Lulus Ujian Nasional (UN) Tahun 2017
PRESTASI PENTING, JUJUR yang UTAMA!
Ujian Nasional penting atau tidaknya bukanlah suatu ukuran mutlak (Hemat Penulis). Bila kita mau menengok jauh di Negara lain, melihat salah satu egara yang maju dalam bidang pendidikan yaitu Firlandia sangat jauh berbeda. Berdasarkan pengalaman membaca salah satu artikel keren versi saya memang benar di Negara Firladia siswa tidak dibebankan dengan banyaknya mata pelajaran yang wajib dikuasai dan ditambah lagi tidak ada Ujian Nasional seperti di Indonesia Negara tercinta ini. Namun kita pun tidak boleh menilai baik dan kurang baiknya karena berbicara kebijakan pemerintah adalah berbicara tepat sasaran atau tidak.

Mungkin kiranya seklumit Ujian nasional akan menjadi teka-teki tersendiri dan entah sampai kapan akan terjawab dengan tuntas. Sebagai tenaga pendidik hendanya mampu melaksanakan dengan hati dan jangan sampai terbebani dengan paket kebijakan yang suatu saat bisa berubah seiring bergantinya menteri pendidikan. Ada ujian nasional ataupun tidak semoga proses yang didasari jujur adalah hal utama yang wajib kita jaga. Bukan menghalalkan segala cara untuk memperoleh prestasi tinggi. Meraih prestasi merupakan hal yang sangat diharapkan orang tua baik di sekolah maupun di rumah. Kali ini penulis akan berbagi kiat-kiat sukses dalam menghadapi Ujian Nasional ataupun Ujian Sekolah special di tahun 2017. Dilansir dari salah satu buku ternama Wahyu Media Setidaknya ada 8 Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN) 2017, mari kita cermati satu per satu:
  1. Mulailah mengulang materi pelajaran. Seperti pepatah mengatakan pisau akan tajam jika selalu di asah. Dengan berlatih akan membuatmu menjadi semakin mengerti. Dengan berlatih hal sudah dimengerti akan membuatmu semakin ahli. Tidak ada kata pelajaran yang sulit yang ada hanyalah belajar dan terus belajar.
  2. Jika sulit memahami sesuatu. Bertanya kepada teman-teman atau belajar bersama. Kemudian selalu bertanya ke orang tua, atau guru jika ada pelajaran yang belum bisa dikerjakan sendiri.
  3. Peryaca dengan kemampuan diri sendiri. Keberhasilan berawal dari percaya terhadap kemampuan diri sendiri. Denagn rasa percaya diri maka tidak akan timbul kebimbangan untuk menentukan pilihan. Dalam hal ini adalah memahai setiap pertanyaan serta menentukan jawaban. Orang yang selalu yakin dengan kemampuan diri sendiri akan lebih mudah dalam menentukan jawaban disertai dengan keyakinan.
  4. Mengerjakan soal-soal ujian berdasarkan kisi-kisi yang sudah diberiatahukan dalam sesi latiahan (try out). Sangat penting memang bagi siswa untuk belajar dengan efektif dan efisien. Memanfaatkan segala potensi dalam diri dan memahami sesuai instruksi yang diberikan.
  5. Jangan lupa istirahat yang cukup. Menjaga kesehatan, olah raga dan menjaga pola makan. Dengan memperhatikan hal-hal kecil semacam itu akan meningkatan kemampuan dengan optimal.
  6. Berdoa kepada Tuhan agar diberi kelancara saat mengerjakan ujian. Hal yang satu ini tidak boleh dilewatkan karena dalam setiap doa dapat membuat batin menjadi lebih tenang dan damai. Ketikan batin tenang dan damai tentunya Ujian Nasional akan berjalan dengan lancar.
  7. Mulailah belajar dari SEKARANG.
  8. Gunakan buku-buku penunjang lainnya agar mempeoleh wawasan serta gambaran soal-soal pada saat ujian.
Kiranya dari poin satu hingga poin ke delapan adalah hal yang sangat mudah untuk dilafalkan serta diungkapkan dalam bentuk tidakan. Mulai dari sekarang adalah jawaban atas segala kiat-kiat sukses. Kalau tidak dari sekarang kapan lagi akan mulai. Sepertihalnya artikel satu ini sudah dipersiapkan dari awal pembelajaran 2016/2017.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.