Makna Dibalik Seragam Nasional Batik PGRI
Makna Dibalik Seragam Nasional Batik PGRI

Makna Dibalik Seragam Nasional Batik PGRI

Makna Dibalik Seragam Nasional Batik PGRI. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk mencapai tujuan bangsa yaitu mencetak generasi penerus Bangsa Indonesia yang cerdas dan berwawasan.  Tujuan pendidikan tersebut tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Terutama peranan seorang guru sebagai ujung tombak pendidikan. Berbagai upaya dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia seperti mengikuti pelatihan-pelatihan dan membentuk organisasi pendidikan dalam lingkup kecil hingga nasional.

Persatuan Guru Repubik Indonesia (PGRI) merupakan organisasi nasional pendidikan di Indonesia. Melalui organisasi ini, diharapkan guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi bapak ibu guru semuanya.

Kembali ke topik utama mengenai seragam nasional batik PGRI. Lantas apa makna dibalik seragam nasional batik PGRI?
Mari kita simak bersama-sama akan makna seragam nasional batik PGRI di bawah ini.
Makna Dibalik Seragam Nasional Batik PGRI

Makna Gambar Bunga yang Berada Pada Urutan Teratas

Bermakna bahwa guru sebagai pendidik yang baik akan menjadikan generasi penerus sebagai generasi yang akan mengharumkan Bangsa dan Negara

Makna Gambar Rantai yang Saling Bersambungan

Sebagai ikatan yang kuat dan saling mendukung bersatu padu untuk mencapai semua tujuan dengan baik dilandasi dengan kasih sayang dan ikatan kekeluargaan.

Makna Gambar Sawit

Gambar sawit merupakan symbol sayap yang akan membawa generasi penerus terus maju ke puncak teratas yang pada akhirnya tercapai satu kemajuan bagi bangsa dan negara

Makna Gambar 5 Undakan

Melambangkan tingkat sekolah dari TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Dengan daun divisualisasikan sebagai pucuk artinya cikal bakal dari bunga yang akan menjadi buah dan membawa keharuman dan kesuksesan.

Makna Gambar Wijaya Kusuma

Seperti halnya bunga wijaya kusuma yang selalu mekar tanpa diketahui, begitu pun tugas mulia guru sosok “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” (Suci Ing Pamrih Rame Ing Gawe) yang sepantasnya dihargai dan dihormati oleh semua pihak karena guru adalah pelopor yang akan mencerdaskan tunas bangsa kearah yang lebih baik.

Makna Gambar Hitam Berupa Ujung Tombak Mengarah Ke Bawah Dikelilingi Liris, Terdapat Gamabar Bintang dengan Tangkai yang mengarah ke Segala Arah

  • Gambar bintang dengan tangkai yang mengarah ke segala arah mangandung makna sebagai umat beragama yang sangat menjunjung tinggi ke-Tuhanan Yang Maha Esa dengan agama yang beragam dan tersebar diseluruh pelosok Indonesia.
  • Makna gambar hitam berupa ujung tombak adalah satu kesatuan yang bersatu dalam satu tujuan untuk mencerdaskan Bangsa Indonesia.
  • Gambar liris divisualisasikan sebagai akar bermakna dengan akar dan pondasi yang kuat akan menjadikan generasi penerus sebagai cikal bakal pemimpin yang kuat, kokoh, dan berkharisma yang akan membawa bangsa kearar kemajuan.
Demikianlah informasi Makna dibalik seragam Nasional Batik PGRI motif “Kusuma Bangsa” makna mendalam demi kemajuan bangsa yang diciptakan dan diproduksi sebagai Batik PGRI Nasional oleh “CV Batik Hydda Saputa yang beralamatkan di Jl. Syekh Datul Kahfi No. 75 Weru Lor Plered – Cirebon.

Informasi  tambahan Pemakaian Batik PGRI.

Mengutip dari keputusan Pengurus Besar PGRI No. 387/Kep/PB/XX/2013 tantang pakaian seragam Persatuan Guru Republik Indonesia bawasannya Batik PGRI digunakandipakai oleh pengurus dan anggota pada:
  1. Upacara Hari Guru Nasional/Hari Ulang Tahun PGRI.
  2. Upacara Hari Pendidikan Nasional.
  3. Forum dan rapat-rapat organisasi.
  4. Hari kerja yang ditentukan oleh pengurus PGRI setempat atau oleh pemerintah daerah masing-masing.
  5. Acara lain yang diatur oleh pengurus organisasi sesuai tingkatnya.
Bangga sebagai guru, mengajar dengan sepenuh hati. Semangat untuk pahlawan tanda jasa.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.