Tanggapan Dari Berbagai Kalangan Masyarakat Gagasan Baru Mendikbud Full Day School (Sekolah Sepanjang Hari)
Tanggapan Dari Berbagai Kalangan Masyarakat Gagasan Baru Mendikbud Full Day School (Sekolah Sepanjang Hari)

Tanggapan Dari Berbagai Kalangan Masyarakat Gagasan Baru Mendikbud Full Day School (Sekolah Sepanjang Hari)

Tanggapan Dari Berbagai Kalangan Masyarakat Gagasan Baru Mendikbud Full Day School (Sekolah Sepanjang Hari). Belum lama ini alunan kabar reshuffle Jilid 2 kabinet Jokowi seakan membuat rakyat bertanya-tanya tentang kinerja bapak ibu menteri. Ada dua hal yang terbenak dalam pemikiran sebagian besar rakyat Indonesia. Pemikiran-pemikiran itu tak lain adalah buruknya bapak ibu menteri ataukah kinerjanya kurang memuaskan. Makna dua hal itu seakan sama saja bila kita resapi. Ya begilah mungkin adanya, semoga lebih baik untu kedepannya.

Tanggapan Dari Berbagai Kalangan Masyarakat Gagasan Baru Mendikbud Full Day School (Sekolah Sepanjang Hari)
Foto: Muhadjir Effendy, Anies Baswedan, dan SDN 2 Cakranegara
Nama kementerian pendidikan pun tak luput dari hadirnya pemimpin baru. Hampir mendekati dua tahun berjalan kini nama Anies Baswedan tak lagi menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan pergantian menteri kabinet Kerja. Secara resmi Mendikbud Anies Baswedan kini digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Muhadjir Effendy merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Beliau dikenal sebagai sosiolog yang ahli di bidang militer dan intelektual muslim. Bagi bapak/ibu yang belum mengenal sosok menteri pendidikan dan kebudayaan yang baru marilah sejenak kita mengenal biodata beliau lebih dekat.

Profil Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Nama Lengkap : Muhadjir Effendy
Lahir                 : 29 Juli 1956
Pendidikan        : S-1 IKIP Malang (1956),  S-2 UGM (1996), dan S-3 Universitas Airlangga (Unair).
Karier             : Ketua PP Muhammadiyah (2015-2020), Rektor di UMM (2000-2004, 2004-2008, dan 2008-Februari 2016).

Selain dikenal dikenal sebagai sosiolog yang ahli di bidang militer dan intelektual muslim, Beliau merupakan seorang penulis buku diantaranya Bala Dewa, Seperti Menyaksikan Dahlan Muda, dan Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia.

Gebrakan baru yang kini sedang meledak dikalangan pendidikan Indonesia adalah adanya kabar pendidikan dasar (SD dan SMP) menggunakan sistem full day school. Menengok beberapa Negara yang menggunakan sistem full day school menuai kesuksesan dan dipandang sebagai trobosan yang mampu menjawab usaha untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Dengan adanya sistem full day school diharapkan siswa mampu menyerap dan mengaplikasikan pendidikan dalam kehidupan sehari-hari karena siswa banyak menghabiskan waktu untuk belajar. Gagasan Mendikbud soal memperpanjang durasi waktu anak di sekolah mendapat tanggapan yang beragam di masyarakat.

Tanggapan dari Berbagai Kalangan Tentang Full Day School

Dilansir dari Antar Mengenai gagasan baru dari Mendidkbut Bapak Wakil Presiden RI setuju namun sebaiknya sangat perlu diterapkan di sekolah percontohan terlebih dahulu mengingat gagasan full day school sebenarnya sudah dijalankan oleh banyak sekolah, terutama sekolah swasta.

Dilansir dari Detik News berbeda dengan Wakil Persiden RI mantan mendikbut Anies Baswedan tidak angkat bicara tentang gagasan baru dari Mendikbut yang baru Muhadjir Effendy. Anies Baswedan hanya menyatakan rasanya tak elok bila angkat bicara.

Berbagai lapisan masyarakat menaggapi mendikbud mengenai full day school ada yang setuju dan ada pula yang menolak serta berujung kritikan pedas. Hal tersebut didapatkan penulis dari percakapan guru-guru dan orang tua siswa saat berbincang-bicang kabar bari dari Mendikbud.

Menanggapi banyak kritik dari berbagai kalangan masyarakat Mendikbud mengaku senang dengan semuai itu. Sikap kritis masyarakat ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pemerintah agar kualitas pendidikan lebih maju. Terlebih lagi Beliau menegaskan semua itu perlu dikaji dan di uji terlebih dahulu. Setelah hal tersebut dilaksananakan akan didapatkan kelebihan maupun kelemahan.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.