Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi, Siologi dan Tingkah Laku
Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi, Siologi dan Tingkah Laku

Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi, Siologi dan Tingkah Laku

Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi, Siologi dan Tingkah Laku. Tuhan menciptakan makhluk-Nya dengan sempurna. Setiap hewan dan tumbuhan dibekali kemampuan untuk bertahan hidup. Begitu pula dengan manusia.  Manusia dibekali akal untuk berpikir. Manusia juga diberi bentuk tubuh yang  sempurna. Melalui akal dan tubuh, manusia dapat bertahan hidup. Dalam  keadaan apa pun, manusia dapat berpikir dan bertindak. Manusia dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang berbeda-beda. Nah, sudahkah kita memanfaatkan karunia Tuhan ini? Jika hewan saja bisa menyelesaikan masalah dengan beradaptasi, kenapa kita tidak? Mari kita gunakan akal dan tubuh kita untuk menjalani kehidupan dengan penuh semangat. Setiap masalah yang datang tidak seharusnya membuat kita berputus asa. Berusaha mengatasi setiap masalah yang datang justru membuat kita menjadi orang yang tegar dan kuat. Itulah wujud rasa syukur kita sebagai makhluk-Nya yang paling sempurna.

Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk: memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan). mengatasi kondisi fisik lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas.
Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi, Siologi dan Tingkah Laku

Pengertian dan Macam-Macam Adaptasi

  1. Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morfologi dapat dilihat dengan jelas. Contohnya, kaki berselaput pada bebek dan antena pada semut. 
  2. Adaptasi siologi merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Salah satunya berupa enzim yang dihasilkan  oleh suatu organisme. Contohnya, bunga raflesia mengeluarkan enzim  untuk menarik serangga. Sementara itu, kantong semar mengeluarkan  enzim untuk membunuh serangga. 
  3. Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian berupa perubahan tingkah laku. Contohnya, cecak memutuskan ekornya saat ditangkap musuh. Contoh lain, putri malu mengatupkan daunnya bila disentuh.
Demikiabnlah materi seputar pengertian dan contoh adaptasi morfologi, siologi dan tingkah laku. Agar lebih memahami penjaelasan tersebut lengkapi dengan pengetahuan tentang Ciri-Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.