Aliran Materi dan Energi dalam Ekosistem

Aliran Materi dan Energi dalam Ekosistem

Aliran Materi dan Energi dalam Ekosistem. Produsen dan konsumen membentuk aliran energi atau rantai makanan dan bersama dengan pengurai terbentuklah daur materi. Sebuah ekosistem dapat berfungsi dengan adanya aliran materi dan energi. Aliran tersebut mengalir dari mata rantai yang satu ke mata rantai lain dalam suatu rantai makanan.

Materi adalah segala sesuatu yang memiliki masa dan menempati ruang. Dalam peristiwa makan memakan, sebenarnya terjadi pemindahan materi dari satu organisma yang dimakan ke organisma yang memakannya. Organisma pemakan kemudian menumpuk materi dalam tubuhnya untuk pertumbuhan dirinya dan mengatur proses metabolisme. Jika organisma tersebut mati, maka materi mengalir ke pengurai atau jasad renik, demikian seterusnya.

Dalam makanan terdapat energi yang digunakan oleh organisma untuk melakukan aktivitasnya. Bersamaan dengan aliran materi dalam peristiwa makan memakan, terjadi pula aliran energi. Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen, konsumen primer, konsumen tingkat tinggi, sampai ke saproba di dalam tanah. Siklus ini berlangsung dalam ekosistem. Jadi, energi tidak hilang tetapi berubah bentuknya, sehingga dikenal dengan hukum kekekalan energi.

Hukum kekekalan energi dikenal juga dengan hukum thermodinamika. Hukum thermodinamika I menyatakan bahwa energi dapat diubah dari satu bentuk menjadi bentuk lainnya, tetapi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Namun demikian, hukum thermodinamika II (atau hukum konservasi entropi) menyatakan bahwa tidak ada suatu proses pengubahan energi yang terjadi secara sempurna (100%). Dalam proses tertentu perubahan satu bentuk energi menjadi energi yang lain selalu menghasilkan sisa yang tidak terpakai pada proses itu. Sisa energi yang tidak terpakai itu disebut entropi. Karena entropi tersebut tidak terpakai dalam proses tersebut, maka disebut pula sebagai limbah. 

Sumber energi dapat bermacam-macam. Diantara sumber energi tersebut, matahari merupakan sumber energi utama kehidupan. Tumbuhan berklorofil memanfaatkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Organisma yang menggunakan energi cahaya untuk merubah zat anorganik menjadi zat organik disebut kemoautotrof.

0 Response to "Aliran Materi dan Energi dalam Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel