Macam-Macam Komponen Ekosistem
Macam-Macam Komponen Ekosistem

Macam-Macam Komponen Ekosistem

Komponen-Komponen dalam Ekosistem. Ekosistem dapat bermacam-macam bentuknya sesuai dengan bentangan atau hamparan tempat ekosistem berada, seperti ekosistem hutan, rawa, danau dan lain-lain. Namun, jika dilihat dari komponennya terdiri atas komponen fisik (abiotik) dan hayati (biotik). Komponen abiotik terdiri dari komponen yang bukan makhuk hidup, contohnya tanah, udara, suhu, angin, curah hujan, dan lain-lain. Semua wujud abiotik tersebut dalam bentuk materi dan energi dalam ekosistem. Materi dan energi yang terdapat dalam komponen abiotik mendukung dan mempengaruhi kehidupan komponen biotik di suatu ekosistem.

Baca juga:
Pengertian, Komponen, Jenis, dan Dampak Perubahan Ekosistem
Dampak Negatif Perubahan Tata Ruang Terhadap Ekosistem
Dampak Perubahan Ekosistem Bagi Lingkungan
Interaksi Antarkomponen Ekosistem
Aliran Materi dan Energi dalam Ekosistem

Komponen-Komponen dalam Ekosistem

Komponen biotik suatu ekosistem, dilihat dari struktur trofiknya, terdiri atas beberapa strata atau tingkatan, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai. Sedangkan dilihat dari fungsinya, suatu ekosistem terdiri atas dua komponen besar yaitu komponen autotrof dan heterotrof.

Produsen adalah organisma yang mampu membentuk makanannya sendiri dari zat-zat anorganik melalui proses fotosintesa dan klorofil. Organisma ini disebut autotrof karena mampu membentuk makanannya sendiri juga menyediakan bagi kebutuhan makhluk hidup lainnya.

Konsumen adalah sekelompok makhluk hidup yang memakan produsen dan hewan lainnya. Kelompok ini tidak mampu membuat makanannya sendiri dari bahan anorganik. Karena itu, ia sangat tergantung kepada organisma produsen. Organisma konsumen disebut heterotrof. Pada konsumen juga terdapat tingkatan lagi. Hewan yang memakan organisma produsen disebut konsumen primer. Jenisnya terdiri dari herbivora dan dalam struktur trofik menduduki tingkat trofik kedua. Konsumen yang memakan herbivora disebut konsumen sekunder dan terdiri dari hewan-hewan karnivora atau omnivora. Konsumen sekunder ini berada pada tingkat trofik ketiga. Hubungan antarkomponen biotik dalam ekosistem biasanya membuat keterkaitan dalam sistem rantai makanan. Beberapa rantai makanan yang saling berhubungan membentuk jaring-jaring makanan atau jaring-jaring kehidupan.

Pengurai adalah organisma yang menguraikan sisa-sisa makhluk hidup lainnya yang telah mati menjadi zat-zat anorganik. Zat ini tersimpan dalam tanah dan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai bahan makanannya. Organisma pengurai adalah bakteri dan jamur.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.