Rangkuman Materi SBK Kelas 6 SD

Materi SBK Kelas 6 SD. Pintar Saja Ternyata Tidak Cukup! Banyak orang pintar, tetapi kurang kreatif dan terampil. Ini terjadi karena otak tidak seimbang. Keseimbangan otak kanan dan kiri sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Otak kiri berfungsi untuk memikirkan hal-hal yang bersifat logis seperti matematika dan bahasa. Adapun otak kanan berhubungan dengan aktivitas kreatif berkaitan dengan irama, musik, warna, dan gambar. Otak kanan mendorong orang untuk terampil, kreatif, dan inovatif.

Jadi kesimpulannya, otak kiri dan kanan harus digunakan secara seimbang. Otak kiri sudah terlalu biasa kita gunakan. Kini saatnya melatih menggunakan otak kanan. Buku Seni Budaya dan Keterampilan ini sangat berguna untuk melatih otak kanan. Buku ini akan merangsang otak kanan untuk bekerja melalui kegiatan berkreasi dan berapresiasi. Semua kegiatan dilakukan dengan pendekatan: belajar dengan seni, belajar melalui seni, dan belajar tentang seni.

Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan ini akan membimbingmu menjadi pribadi yang kreatif dan penuh dengan ide-ide brilian. Keterampilanmu pun akan lebih terasah, yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, kamu tidak hanya pintar, tetapi juga terampil dan kreatif.

Materi SBK Kelas 6 SD
BSE

Materi SBK Kelas 6 SD

Bab I Mengenal Motif Batik

Batik tentu bukan hal yang asing lagi bagimu. Banyak baju, selimut, seprai, taplak meja, tas, dan ikat kepala yang meng gunakan motif batik. Bahkan, saat ini penggunaan motif batik tidak hanya terbatas pada kain. Motif batik juga banyak di gu nakan untuk benda-benda kerajinan dari bahan kayu, perak, dan kertas.
A. Jenis Motif Batik
B. Berbagai Teknik Membatik
C. Apresiasi terhadap Keunikan Motif Batik

Bab II Berkarya Batik, Gambar Ilustrasi, dan Boneka

Dalam latihan membatik, baik di sekolah atau di sanggar, teknik yang sering digunakan merupakan teknik yang sederhana. Teknik sederhana di antaranya teknik canting tulis dan teknik celup ikat.
A. Menciptakan Motif Hias
B. Menggambar Ilustrasi
C. Berkarya Boneka

Bab III Mengapresiasi Musik Daerah

Adanya berbagai jenis alat musik sangat mendukung dalam menyemarakkan dan mengembang kan kesenian di tanah air. Hampir setiap daerah di negeri kita memiliki alat music tradisional dengan ciri khasnya masing-masing. Sebagai warga negara yang cinta tanah air, kita wajib melestarikan budaya bangsa. Oleh karena itu, kita perlu mengenal berbagai musik dan alat music daerah.
A. Mengenal Musik Daerah
B. Unsur-Unsur Musik

Bab IV Bermain Musik dan Menyanyi

Kita juga da pat menggunakan alat music ritmis dan melodis untuk mengiringi sebuah lagu. Kamu ingin belajar bermain alat musik ritmis dan melodis? Kamu akan mempelajarinya dalam bab ini. Kamu juga akan belajar menyanyi dengan teknik yang benar.
A. Bermain Alat Musik Ritmis dan Melodis
B. Menyanyi dengan Iringan Sederhana

Bab V Mengenal Pola Lantai pada Karya Tari

Tari Baris Massal merupakan bentuk karya seni tari kelom pok dari Bali. Selama memperagakannya, posisi para penari selalu berubahubah membuat berbagai macam bentuk.
A. Makna Pola Lantai
B. Pola Lantai Gerak Tari Nusantara
C. Keindahan Pola Lantai Gerak Tari Nusantara

Bab VI Memperagakan Karya Tari Nusantara dengan Pola Lantai 

Karya seni tari nusantara sangat beragam. Salah satu bentuk keragaman karya seni tari dapat dilihat dari pola lantai nya.
A. Persiapan Peragaan Karya Tari dengan Pola Lantai
B. Peragaan Karya Tari dengan Pola Lantai

Bab VII Mengenal Kerajinan Anyaman

Di lingkungan mana pun kamu ting gal pasti tidak sulit menemukan barang-barang anyaman seperti bakul, nyiru, kap lampu, tikar, tas anyaman, dan selongsong ketupat.
A. Kerajinan Anyaman di Sekitar Kita 
B. Apresiasi Terhadap Karya Kerajinan Anyaman

Bab VIII Berkarya Anyaman

Kamu pun dapat membuat bingkai foto dan tempat pensil seperti itu. Kamu hanya memerlukan kertas karton, kertas warna-warni, lem, gunting, dan penggaris. Akan tetapi terlebih dahulu, mari mengenal jenis-jenis motif anyaman.
A. Membuat Anyaman
B. Membuat Benda Pakai dari Anyaman
Ulangan Umum SBK Semester I (Ganjil)

Bab IX Mengapresiasi Keunikan Motif Hias Nusantara

Nenek moyang kita pencipta motif hias yang hebat. Pada awalnya mereka melukis motif hias pada tubuh dan baju dari kulit kayu. Kedatangan orang-orang Kamboja dan Vietnam menularkan kebiasaan membuat motif geometris pada tenunan. Hal ini di kembangkan oleh nenek moyang kita sehing ga tercipta berbagai bentuk motif hias yang diterapkan pada berbagai karya seni rupa termasuk kain.
A. Jenis-Jenis Motif Hias Nusantara
B. Apresiasi Terhadap Keunikan Motif Hias Daerah Lain

Bab X Menggambar Suasana Alam Sekitar dan Pameran Karya Seni Rupa

Alam merupakan objek yang menarik. Setiap sudutnya memiliki keindahan yang tidak pernah membosankan untuk diamati. Alam menjadi sumber ide yang tidak pernah habis bagi penyair dan pelukis. Banyak syair dan lukisan yang isinya menceritakan tentang keindahan alam
A. Menggambar Ilustrasi Suasana Alam Sekitar
B. Pameran Karya Seni Rupa

Bab XI Mengapresiasi Lagu dan Musik Daerah

Setiap daerah di negara kita mempunyai alat musik atau lagu yang menjadi ciri khasnya. Kamu akan mengetahui persamaan atau perbedaan musik daerah satu dengan daerah lain dalam bab ini. Kamu juga akan mengetahui perbedaan lagu daerah satu dengan yang lainnya
A. Membandingkan Berbagai Lagu dan Musik Nusantara
B. Apresiasi Lagu dan Musik Daerah

Bab XII Bermain Musik dan Mementaskan Karya Musik

Suara atau bunyi dalam musik tidak hanya terbatas pada suara manusia saja, tetapi dapat juga bunyi dari alat-alat musik. Praktik bermain alat-alat musik, baik itu ritmis atau melodis, dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok.
A. Bermain Alat Musik Ritmis dan Melodis
B. Menyiapkan dan Mementaskan Pertunjukan Musik

Bab XIII Mengapresiasi Pola Lantai Gerak Tari Nusantara

Ada berbagai macam bentuk pola lantai pada karya seni tari. Peragaan karya tari dapat dilakukan dengan bentuk pola lantai segi empat, segitiga, dan garis lurus.
A. Persiapan Peragaan Karya Tari dengan Pola Lantai
B. Mengapresiasi Pola Lantai Gerak Tari Nusantara

Bab XIV Mempergelarkan Karya Tari

Mempergelarkan seni tari dapat dilakukan di berbagai tempat. Salah satu karya tari diantaranya adalah Kuda Kepang dipergelarkan di lapangan tanpa panggung. Meskipun tanpa pangung, tempat penyajian karya tarinya tetap diberi batas antara penonton dan penyaji. Batas itu berupa pagar dari bambu yang dibuat mengelilingi tempat penyajiannya. Di mana pun suatu pergelaran akan dilaksanakan, perlu adanya persiapan.
A. Peragaan Karya Tari dengan Pola Lantai
B. Pergelaran Karya Seni Tari

Bab XV Mengapresiasi Kerajinan Benda Mainan Beroda

Saat pertama kali diciptakan roda hanya berupa kayu gelondongan. Orang meletakkan benda yang hendak diangkut di atas kayu gelondongan tersebut atau membuat lubang di tengah-tengahnya untuk menaruh barang kemudian mengge lin dingkannya. Dari waktu ke waktu roda mengalami perkem bangan, baik dalam bentuk maupun fungsi. Berbagai perabot dan peralatan diciptakan dengan disertai roda
A. Jenis Benda Beroda
B. Apresiasi Terhadap Benda Mainan Beroda

Bab XVI Berkarya Benda Mainan Beroda

Benda mainan beroda macamnya banyak sekali. Benda mainan tersebut di antaranya berupa model benda. Ada model mobil, model kereta api, model kereta belanja, model pengang kut pasir, dan sebagainya.
A. Merancang Benda Mainan Beroda
B. Membuat Benda Mainan Beroda Sesuai Rancangan
Ulangan Umum SBK Semester 2 (Genap)

Referensi:
Ari Subekti, Rantinah, Supriyantiningtyas. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan Untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

0 Response to "Rangkuman Materi SBK Kelas 6 SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel