Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Air Tawar
Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Air Tawar

Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Air Tawar

Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Air Tawar. Ekosistem air tawar memiliki ciri-ciri antara lain variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Tumbuhan yang umumnya dijumpai adalah ganggang dan tumbuhan biji.

Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Air Tawar

Ekosistem air tawar dapat dikelompokkan menjadi air tenang dan air mengalir. Danau dan rawa termasuk ekosistem air tenang, sedangkan sungai termasuk ekosistem air mengalir.

1. Danau

Danau merupakan suatu badan air yang menggenang pada wilayah depresi atau cekungan dan luasnya mulai dari beberapa meter persegi hingga ratusan meter persegi. Kondisi danau berbeda dilihat dari kedalamannya. Karena itu, terdapat perbedaan komunitas tumbuhan dan hewan berdasarkan kedalaman dan jaraknya dari tepi. Danau dibagi menjadi 4 daerah yang berbeda yaitu: 

a. Daerah Litoral

Daerah litoral merupakan daerah dangkal, sehingga cahaya matahari menembus sampai ke dasar danau secara optimal. Tumbuhan yang hidup di daerah ini merupakan tumbuhan air yang berakar dan ada daun yang mencuat ke atas permukaan air. Berbagai jenis ganggang, siput dan remis, ikan, amfibi, itik, angsa, kura-kura, dapat ditemukan di wilayah ini.

b. Daerah Limnetic

Lebih jauh dari daerah litoral, terdapat daerah limnetik yang masih dapat ditembus oleh sinar matahari. Fitoplankton, termasuk ganggang dan sianobakteri dapat ditemukan di daerah ini. Sementara itu, Rotifera dan udang-udangan kecil memangsa fitoplankton. Zooplankton tersebut kemudian menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan kecil. Ikan tersebut menjadi sumber makanan bagi ikan yang lebih besar dan kemudian ikan yang lebih besar dimangsa oleh ular, kura-kura, dan burung pemakan ikan.

c. Daerah Profundal

Daerah profundal merupakan daerah yang dalam dan merupakan daerah afotik danau. Cacing dan mikroba menghuni daerah ini.

d. Daerah bentik

Daerah bentik merupakan daerah dasar danau. Di daerah ini dapat dijumpai organisma mati dan bentos. Selain berdasarkan jarak dan kedalaman, danau juga dapat dibedakan berdasarkan produksi materi organiknya, yaitu:
  • Danau Oligotropik. Danau oligotropik merupakan danau yang dalam dan memiliki fitoplankton yang tidak produktif, sehingga kekurangan makanan. Airnya yang jernih sekali, dihuni oleh sedikit organisma, dan terdapat oksigen sepanjang tahun di dasar danau merupakan ciri danau ini.
  • Danau Eutropik. Lain halnya dengan oligotropik, danau eutropik merupakan danau yang dangkal memiliki fitoplankton yang produktif, sehingga kaya akan kandungan makanan. Airnya keruh, terdapat bermacam-macam organisma, dan oksigen terdapat di daerah profundal merupakan ciri dari danau eutropik.

2. Sungai

Ekosistem sungai dapat merupakan sebuah bioma dari sebuah ekosistem daratan yang besar. Tidak seperti danau yang relatif diam, air sungai mengalir, sehingga tidak mendukung keberadaan komunitas plankton untuk berdiam diri. Namun demikian, terjadi pula fotosintesis dari ganggang yang melekat dan tanaman berakar, sehingga dapat mendukung rantai makanan.

Ekosistem sungai banyak mengalami gangguan karena pembangunan waduk atau bendungan. Waduk dapat memutus jalan bagi sejumlah ikan yang biasa bergerak dari hilir ke hulu untuk bertelur. Akibatnya, sejumlah spesies ikan hilang dari aliran sungai tersebut. Contoh, di daerah tropis seperti Indonesia adalah ikan pelus dan ikan sidat. Ikan pelus hidup di dekat hulu sungai, tetapi bertelur di laut. Karena jalannya terputus, maka aktivitas perkembangbiakannya terganggu. Di daerah subtropis, terdapat ikan salmon yang hidup di laut. Pada saat musim bertelur, ikan-ikan tersebut bergerak ke hulu untuk bertelur di sana.Setelah telur menetas, ikan salmon yang masih kecil hidup di sungai dan pada saat sudh besar kembali ke laut.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.