Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Darat

Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Darat
Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Darat. Ekosistem darat dapat dibedakan menjadi sejumlah bioma. Ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan disebut ekosistem darat. Dalam ekosistem darat terdapat sejumlah bioma, yaitu:

1. Bioma Gurun

Bioma gurun terdapat di daerah dengan curah hujan kurang dari 25 cm/tahun. Daerah tersebut terdapat di sepanjang garis balik utara maupun selatan yang udaranya mengalami subsidensi atau turun, sehingga terjadi pemampatan udara. Selain itu, bioma gurun juga dapat ditemukan di daerah dekat arus laut dingin dan daerah bayangan hujan. Selain ciri hujannya yang rendah, daerah gurun juga memiliki suhu yang tinggi pada siang hari (bisa mencapai 450 C) dan suhu yang rendah pada malam hari (bisa mencapai 00 C). Kondisi ini hanya mampu diadaptasi oleh tumbuhan tertentu saja seperti kaktus. Hewan yang hidup di gurun juga sangat terbatas seperti ular, kadal, katak, dan kalajengking.

2. Bioma Padang Rumput

Bioma padang rumput terbentuk di daerah dengan curah hujan yang terbatas (25-30 cm/tahun), sehingga tidak mampu mendukung terbentuknya hutan. Bioma ini dapat di jumpai di wilayah tropis maupun sub tropis. Tumbuhan utama adalah terna (herbs) dan rumput, karena itu di wilayah ini banyak hidup hewan pemakan rumput seperti zebra, bison, jerapah dan lain-lain. Di samping itu, banyak pula ditemukan hewan pemangsa seperti singa, anjing liar, srigala, ular dan lain-lain.

3. Bioma Hutan Basah

Bioma ini terbentuk di wilayah dengan curah hujan yang cukup tinggi (200-225 cm/tahun) dan dapat dijumpai di daerah tropika dan subtropika. Curah hujan yang tinggi sangat pendukung tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan dengan keragaman yang tinggi. Ketinggian pohon dapat mencapai 20-40 m dan berdaun lebat hingga membentuk kanopi. Suhu sepanjang hari sekitar 250 C dengan variasi yang cukup besar. Tumbuhan khas yang tumbuh di wilayah ini diantaranya anggrek sebagai epifit dan liana (rotan). Selain tumbuhannya yang beragam jenisnya, hewan yang hidup di bioma ini juga sangat beragam seperti burung, kera, harimau, badak, babi hutan, dan lain-lain.

4. Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang atau di daerah dengan empat musim. Ciri-cirinya adalah curah hujan merata sepanjang tahun. Jenis pohon yang dapat dijumpai di bioma ini tidak serapat dan seberagam seperti di bioma hutan basah.  Hewannya dapat dijumpai diantaranya burung pelatuk, beruang, rubah, bajing, dan rakoon.

5. Bioma Taiga

Sebelah selatan dari Tundra adalah suatu formasi hutan yang terutama terdiri dari anggota-anggota kelompok pohon jarum, sehingga taiga sering disebut hutan berdaun jarum (konifer). Batas antara kedua wilayah tersebut sering disebut batas pohon karena merupakan batas antara lingkungan yang masih memungkinkan tumbuhnya pohon dan yang tidak. Taiga merupakan hutan yang hijau sepanjang tahun (evergreen), walaupun suhu pada musim dingin dapat mencapat puluhan derajat di bawah nol. Biasanya taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dap sejenisnya. Hanya sedikit dijumpai semak dan tumbuhan basah. Kayu yang dihasilkan dari hutan ini terutama dimanfaatkan untuk pembuatan kertas, korek api, dan lain-lain. Hewan yang dapat dijumpai antara lain moose, beruang hitam, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur. Taiga tersebar di Semenanjung Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska dan Kanada.

6. Bioma Tundra

Tundra berarti daratan tanpa pohon. Wilayah ini terletak di sekitar kutub utara dengan suhu yang sangat dingin. Tumbuhan yang mampu hidup di daerah ini hanya terdiri dari tumbuhan gulma terutama berbagai tumbuhan sejenis rumput dan lumut kerak. Tumbuhan yang dominan adalah Sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan kayu yang pendek, dan rumput. Keadaan vegetasi tersebut mirip dengan vegetasi gurun tetapi terdapat di daerah iklim dingin. Karena itulah, tundra sering disebut gurun  dingin (cold desert). Hewan yang menghuni bioma ini diantaranya muscox, rusa kutub, beruang kutub, dan insekta terutama nyamuk dan lalat hitam. Wilayah persebaran tundra terdapat di bagian utara Skandinavia, Finlandia, Rusia, Siberia, dan Kanada.

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Ekosistem Darat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel