Pengertian Ekosistem
Pengertian Ekosistem

Pengertian Ekosistem

Pengertian Ekosistem. Di sekitar kita terdapat berbagai komponen lingkungan yang berinteraksi antara satu dengan lainnya. Interaksi tersebut telah terjalin sekian lama, sehingga terbentuk sebuah keseimbangan. Namun sayangnya berbagai intervensi manusia telah merusak tatanan dan keseimbangan yang terjadi, sehingga diperlukan waktu yang lama untuk memulihkannya.


Baca juga:
Pengertian, Komponen, Jenis, dan Dampak Perubahan Ekosistem

Dampak Negatif Perubahan Tata Ruang Terhadap Ekosistem

Dampak Perubahan Ekosistem Bagi Lingkungan

Interaksi Antarkomponen Ekosistem

Aliran Materi dan Energi dalam Ekosistem
Pengertian Ekosistem

Di bumi terdapat berbagai macam ekosistem. Keberadaannya sebagian telah mengalami kerusakan karena intervensi manusia. Akibatnya terjadi berbagai permasalahan lingkungan akibat dari tidak seimbangnya interaksi yang terjadi di dalamnya.

Dalam suatu hamparan atau kawasan, misalnya hutan, kolam, danau dan lain-lain terjadi interaksi antarkomponen abiotik dan komponen biotik. Tumbuhan memerlukan komponen-komponen hara dari tanah, air, cahaya untuk tumbuh. Tumbuhan tersebut kemudian menjadi sumber makanan bagi hewan pemakan tumbuhan atau konsumen, demikian seterusnya. Peristiwa tersebut merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya atau dikenal pula sebagai ekosistem. Sistem terdiri atas komponen-komponen yang bekerja secara teratur sebagai satu kesatuan, sedangkan ekologi adalah ilmu yang mengkaji hubungan timbal balik antara organisma dengan tempat hidupnya (habitat).

Ekosistem diartikan sebagai tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap komponen lingkungan hidup yang saling berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur. Keteraturan tersebut ada dalam suatu keseimbangan tertentu yang bersifat dinamis. Artinya, bisa terjadi perubahan, baik besar maupun kecil, yang disebabkan oleh faktor alamiah maupun akibat ulah manusia.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.