Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Bola Voli

Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup digemari di Indonesia (selain bulu tangkis, sepak bola, dan basket). Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim. Masingmasing tim terdiri atas 6 orang pemain. Tim dinyatakan sebagai pemenang jika mencapai nilai 25 terlebih dahulu. Permainan bola voli menggunakan sistem rally point. Apabila kedua tim samasama mendapat nilai 24 - 24 dinyatakan deuce. Penyelesaiannya dengan mencari selisih dua angka. Permainan bola voli dipimpin oleh dua orang wasit dan dibantu 4 orang penjaga garis. Dalam permainan bola voli pada angka 8 dan 16 terjadi TTO (Technique Time Out). Pada saat TTO kedua tim dipersilahkan untuk istirahat sebentar. Adapun time out yang diminta oleh seorang pelatih tidak melebihi 3 x dalam 1 set.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Pengenalan Bola Voli

Sebelum mengenal teknik dasar bola voli, kamu harus memahami pengenalan bola voli terlebih dahulu. Beberapa pengenalan bola voli, yaitu:

A. Memantul-mantulkan bola ke lantai dengan kedua tangan

Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Berdiri dengan kedua kaki agak tertekuk sambil membawa bola.
  2. Pantulkan bola ke lantai dengan dua tangan lalu ditangkap kembali.
  3. Lakukan secara berulang-ulang.

B. Melempar-lemparkan bola ke atas dengan kedua tangan

Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Berdiri sambil memegang bola.
  2. Bola dilambungkan ke atas kemudian ditangkap lagi.
  3. Lakukan secara berulang-ulang.

C. Memukul bola dengan telapak tangan terbuka ke lantai

Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Bola dibawa dengan dua tangan.
  2. Bola dipukul ke lantai dengan satu tangan terbuka.
  3. Lakukan secara berulang-ulang.

D. Memukul bola melewati net dengan tangan terbuka

Cara melakukannya sebagai berikut.

1. Sikap awal

Berdiri menghadap ke net pandangan ke arah bola.

2. Gerakan

Melangkah ke depan dengan kedua kaki tertekuk. Ayunkan kedua tangan ke atas dan kaki ditolakkan ke atas hingga lurus. Pukullah bola pada badan atas dengan sekeraskerasnya.

3. Gerak lanjutan

Mendarat dengan dua kaki dan kedua lutut mengeper.


Teknik Dasar Bola Voli

Jika pengenalan bola voli telah dipahami dan dikuasai, maka dilanjutkan ke teknik dasar bola voli. Teknik dasar dalam bola voli meliputi passing, servis, dan smes.

A. Passing

1. Passing bawah

Passing bawah merupakan dasar dari permainan bola voli. Manfaat passing bawah antara lain menerima servis, menahan smes, dan memantulkan bola. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan passing bawah, yaitu:
a) Kedua lutut ditekuk.
b) Badan condong ke depan.
c) Tangan lurus ke depan (antara lutut dan bahu).
d) Persentuhan bola pada pergelangan tangan.
e) Pandangan mata ke depan.
f) Koordinasi gerakan lutut, badan, dan bahu.

2. Passing atas

Passing atas dilakukan di atas kepala dengan jari-jari tangan. Passing atas berguna untuk menerima servis, menerima operan teman, mengoper bola, mengumpan smes, dan mengembalikan bola. Passing atas harus banyak dilatih supaya arah bola terkendali dan tidak sampai menimbulkan cedera jari tangan. Cara melakukan passing atas sebagai berikut.

a) Sikap awal

Siswa berpasangan saling menghadap dengan jarak yang cukup. Berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu dan salah satu kaki berada di depan, lutut agak ditekuk. Kedua tangan dengan siku dibengkokkan berada di muka dahi, jari-jari dan telapak tangan membentuk setengah bola (seperti mangkuk) menghadap ke depan.

b) Gerakan

Bola yang dilemparkan oleh temannya, disambut dengan jari tangan yang dikuatkan dan diakhiri dengan meluruskan kedua siku. Arah bola diusahakan ke arah depan atas.

B. Servis

1. Servis bawah

Permainan bola diawali dengan servis. Servis dibedakan menjadi dua, yaitu servis bawah dan servis atas. Untuk anak-anak seharusnya menggunakan servis bawah dahulu. Cara melakukan servis bawah sebagai berikut.
  1. Kaki kiri di depan.
  2. Badan condong ke depan.
  3. Tangan kiri di depan menyangga bola.
  4. Bola dilambungkan ketika hendak dipukul.
  5. Tangan kanan diayunkan ke belakang kemudian ke depan untuk memukul bola sekuat tenaga.

2. Servis atas

Anak-anak seharusnya melakukan servis bawah terlebih dahulu. Namun, tidak ada salahnya kamu mengetahui teknik melakukan servis atas. Cara melakukan servis atas sebagai berikut.
  1. Kedua kaki agak dibuka. Tariklah tangan kanan dan lutut agak ditekuk.
  2. Bola dipegang dengan tangan kiri secara lurus ke depan. Adapun tangan kanan lurus ke belakang, sementara jari-jari rapat.
  3. Lambungkan bola ke atas dan ayunkan tangan kanan lurus ke depan menuju arah bola.

C. Smes

Smes merupakan serangan dalam permainan bola voli. Tujuan smes yaitu mematikan perlawanan lawan. Cara melakukan smes sebagai berikut.

1. Awalan

Pada waktu melakukan sikap awalan sampai dengan kaki akan menolak ke atas, sikap harus rileks. Jarak awalan kira-kira 2–4 meter dari net.

2. Menolak

Pada waktu akan menolak, kedua kaki harus menumpu terlebih dahulu. Lalu, segeralah menekuk lutut dan tangan di samping badan. Setelah itu, jejakkan dengan kuat kedua kaki ke atas dan ayunkan tanganmu ke depan sehingga posisi badan melayang di udara.

3. Memukul

Setelah posisi badan melayang di udara, pukullah bola secepatnya dan disertai dengan hentakkan pergelangan tangan. Posisi badan lurus di belakang bola.

4. Mendarat

Setelah bola dapat dipukul, segera mendarat dengan kedua kaki bersamaan dan memantul. Usahakanlah tempat pendaratan berdekatan dengan tempat sewaktu menolak.

Pada saat melakukan smes, makin tinggi melompat dan makin kuat memukul bola, bola akan makin keras meluncur. Serangan yang seperti itu sangat mematikan. Untuk itu cobalah berlatih melompat dan mengayun dengan keras.

Bermainlah dengan peraturan yang sederhana. Taatilah peraturan permainan. Peragakanlah teknikteknik dasar yang telah kamu pelajari. Terapkan kerjasama tim dan menghormati lawan. Namun, sebelumnya bentuklah dua regu untuk memainkannya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.