Teks Pidato Ir. Soekarno Saat Proklamasi Isi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Teks Pidato Ir. Soekarno Saat Proklamasi Isi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Teks Pidato Ir. Soekarno Saat Proklamasi Isi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Teks Proklamasi, Ir. Soekarno, Proklamasi Kemerdekaan RI, Pidato Soekarno,

Teks Pidato Ir. Soekarno Saat Proklamasi Isi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Tanggal 17 Agustus 1945 yang jatuh pada hari Jumat Legi, pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta, Ir Soekarno memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia yang terlebih dahulu diadakan pidato pendek. Inilah isi pidato tersebut:
Teks Pidato Ir. Soekarno Saat Proklamasi Isi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Teks Proklamasi
“Saudara-saudara sekalian!
Saya telah minta saudara-saudara hadir di sini untuk menyaksikan satu peristiwa maha penting dalam sejarah kita. Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berjuang untuk kemerdekaan tanah air kita. Bahkan, telah beratus-ratus tahun! Gelombangnya aksi kita untuk mencapai kemerdekaan itu ada naik dan turunnya, tetapi jiwa kita tetap menuju cita-cita.

Juga di dalam zaman Jepang, usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti-henti. Di dalam zaman Jepang ini tampaknya saja kita menyandarkan diri pada mereka. Tetapi pada hakekatnya kita tetap percaya akan kekuatan sendiri. Sekarang tibalah saatnya kita benarbenar mengambil nasib bangsa dan tanah air di dalam tangan kita sendiri, Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangannya sendiri, akan dapat berdiri dengan kuatnya. 

Maka, kami tadi malam telah mengadakan musyawarat dengan pemuka-pemuka rakyat Indonesia, dari seluruh rakyat Indonesia. Permusyawaratan itu seia sekata berpendapat, bahwa sekaranglah dating saatnya untuk menyatakan kemerdekaan itu.

Saudara-saudara! Dengan ini kami nyatakan kebulatan tekad itu. Dengarkanlah proklamasi kami!
Proklamasi 
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia. 
Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun 1945

Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta.
Demikianlah Saudara-saudara! Kita sekarang telah merdeka! Tidak ada suatu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita!

Mulai saat ini kita menyusun Negara kita! Negara merdeka, Negara Republik Indonesia merdeka, kekal dan abadi.

Insya Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu.”

Sesaat setelah Proklamasi , diadakan upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih di halaman gedung Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Petugas yang diserahi tugas mengibarkan bendera merah putih adalah Latief Hendraningrat, S.K. Trimurti dan Suhud. Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih itu dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno.

Berita tentang Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 segera menyebar dan disambut dengan penuh kegembiraan oleh rakyat. Bahkan para pejuang seperti Sukarman, Suhendar, Sutomo dan Susilaharja segera membuat radio pemancar sehingga berita tersebut cepat tersebar hingga ke pelosok tanah air.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.