Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Hewan membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Hewan memiliki jenis makanan tertentu. Hewan tidak bisa memakan semua jenis makanan. Hal ini karena bagian tubuhnya sudah disesuaikan dengan jenis makanannya. Hewan yang biasa kita lihat sehari-hari antara lain ikan, katak, cecak, burung merpati, sapi, dan kucing. Tahukah kamu apakah jenis makanan keenam hewan tersebut? Hewan terbagi atas tiga kelompok, yaitu kelompok hewan herbivor, karnivor, dan omnivor.
Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

1. Kelompok Hewan Herbivor

Perhatikan sapi, kambing, kuda, dan domba! Apakah jenis makanan hewanhewan tersebut? Hewan-hewan tersebut adalah hewan pemakan rumput. Rumput termasuk kelompok tumbuhan. Hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan disebut hewan herbivor.

Begitu juga dengan kelinci yang suka memakan wortel, termasuk hewan herbivor. Burung yang memakan biji-bijian dan buah-buahan juga termasuk hewan herbivor. Akan tetapi, tidak semua burung termasuk hewan herbivor.

Hewan herbivor memiliki susunan gigi yang khas. Gigi hewan herbivor terdiri atas gigi seri dan gigi geraham. Hewan herbivor tidak memiliki gigi taring. Gigi seri berada di depan dan tajam. Gigi seri berguna untuk memotong makanan. Setelah dipotong-potong, makanan dihaluskan menggunakan gigi geraham. 

2. Kelompok Hewan Karnivor

Apa yang dimaksud dengan hewan karnivor? Hewan karnivor adalah hewan yang makanannya berasal dari hewan lain. Contoh hewan karnivor antara lain kucing, anjing, harimau, singa, buaya, dan ular. Sebagian besar hewan karnivor merupakan hewan yang ganas dan liar. Hewan-hewan tersebut harus memburu makanannya agar dapat bertahan hidup.

Hewan karnivor memiliki susunan gigi yang berbeda dengan gigi hewan herbivor. Hewan karnivor memiliki gigi taring yang tajam dan kuat. Gigi taring ini berfungsi untuk mengoyak mangsanya. Hewan karnivor juga memiliki gigi seri. Gigi seri hewan karnivor berukuran kecil, tetapi tajam dan kuat. 

3. Kelompok Hewan Omnivor

Hewan omnivor adalah hewan yang makanannya berasal dari hewan maupun dari tumbuhan. Hewan yang termasuk kelompok ini adalah ayam, bebek, beruang, gorila, monyet, orang utan, dan lain-lain.

Susunan gigi hewan omnivor terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Ketiga jenis gigi tersebut berkembang dengan baik karena disesuaikan dengan jenis makanannya. Jika memakan daging hewan lain, maka gigi yang banyak digunakan adalah gigi taring. Jika memakan sayuran, maka gigi yang digunakan adalah gigi geraham. Akan tetapi, ketiga jenis gigi tersebut berfungsi dengan baik saat makanan berada di dalam mulut.
Hewan herbivor adalah hewan pemakan tumbuhan. 
Hewan karnivor adalah hewan pemakan hewan lain. 
Hewan omnivor adalah hewan pemakan tumbuhan dan hewan lain.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.