Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen
Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Unsur-Unsur Cerpen, Unsur Intrinsik Cerpen, Unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen
Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen. Cerpen atau cerita pendek adalah karangan yang melukiskan kehidupan seseorang secara umum atau inti cerita saja. Di dalam cerpen hanya dilukiskan kehidupan seseorang secara sepenggal saja, misalnya cerpen tentang cerita anak yang naik kelas, pergi ke kebun binatang atau pergi ke pantai.

A. Ciri-Ciri Cerpen

Unsur intrinsik cerpen adalah unsur-unsur utama sebuah cerpen. 
Ciri-ciri cerpen adalah sebagai berikut:
  1. Ceritanya pendek sehingga kamu tidak butuh waktu lama untuk membacanya.
  2. Hanya ada satu pokok cerita sehingga pembaca tidak bingung.
  3. Tidak ada perubahan nasib tokoh. Artinya, jika menceritakan masa kecil maka saatdewasa tidak diceritakan.
  4. Cerita disajikan dari perkenalan tokoh lalu adanya masalah, kemudian penyelesaian masalah.

B. Unsur-Unsur Cerpen

Unsur sebuah cerpen dibedakan menjadi dua macam yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik.

1. Unsur Intrinsik


Unsur intrinsik cerpen adalah unsur yang membangun cerpen dari dalam cerpen itu sendiri. Unsur intrinsik meliputi: tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat.

  • Tema adalah persoalan pokok sebuah cerita. Tema dapat berwujud pengamatan pengarang terhadap berbagai peristiwa dalam kehidupan ini. Kita dapat memahami tema sebuah cerita jika sudah membaca cerita tersebut secara keseluruhan.
  • Tokoh adalah pelaku sebuah cerita. Tokoh cerita menempati posisi strategis sebagai pembawa dan penyampai pesan, amanat, atau sesuatu yang sengaja ingin disampaikan kepada pembaca. Secara umum, kita mengenal tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh protagonis yang merupakan pengejawantahan norma-norma, nilai-nilai yang ideal bagi kita. Tokoh protagonis menampilkan sesuatu yang sesuai dengan pandangan dan harapan pembaca. Adapun tokoh antagonis adalah tokoh yang menyebabkan terjadinya konflik. Tokoh antagonis merupakan penentang tokoh protagonis.
  • Alur (plot) adalah jalan cerita dalam sebuah cerpen.
  • Latar (setting) dalam sebuah cerita menunjuk pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
  • Sudut pandang (point of view) adalah visi pengarang dalam memandang suatu peristiwa dalam cerita. Untuk mengetahui sudut pandang, kita dapat mengajukan pertanyaan kepada siapakah yang menceritakan kisah tersebut?
  • Gaya bahasa adalah cara khas penyusunan dan penyampaian dalam bentuk tulisan dan lisan.
  • Amanat adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca sebuah cerpen.

2. Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung memengaruhi bangun cerita sebuah karya. Unsur ekstrinsik karya sastra, antara lain: latar belakang, sejarah, kondisi masyarakat, unsur psikologi, agama pegarang dll.
  • Latar belakang pengarang adalah berkaitan dengan tujuan dari karya sastra.
  • Sejarah latar belakang pengarang adalah kondisinya yang mendasari pengarang seperti sosial, masyarakat dari  karya sastra sosial.
  • Kondisi masyarakat adalah kondisi sekarang dari karya sastra seperti tentang pemanasan global atau kondisi masyarakat.
  • Unsur psikologis pengarang adalah psikologis pengarang yang mendasari sehingga membuat suatu cerpen.
  • Agama pengarang adalah kondisi pengaruh agama sehingga pengarang membuat cerpen.

C. Membaca Cerpen

Ayo, sekarang bacalah cerpen berikut ini:

Kasus Caca Coco

Sahabatku Caca paling doyan makan cokelat. Setiap hari entah berapa bungkus cokelat habis dilahapnya. Caca bahkan telah bergurau bahwa darahnya telah berlumeran cokelat sehingga warnanya bukan merah lagi.

Ah, ada-ada saja, ya. Isi tas Caca pasti selalu ada cokelat. Caca pun masih menyelipkan beberapa cokelatnya di saku supaya ia bisa ngemil di mana-mana. Jadi, ya wajar bila teman-teman menjulukinya si Caca Coco. Tapi, tidak semua teman bisa mencicipi lezatnya cokelat Caca. Ia selalu pilih-pilih dan hanya memberi teman dekatnya saja, misalnya aku. Selengkapnya baca Majalah Bobo

Membaca cerpen sangat menyenangkan bukan?
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.