Pengertian dan Cara Meringkas Teks Bacaan dengan Baik dan Benar
Pengertian dan Cara Meringkas Teks Bacaan dengan Baik dan Benar

Pengertian dan Cara Meringkas Teks Bacaan dengan Baik dan Benar

Bacaan, Meingkas Bacaan, Pengertian dan Cara Meringkas Teks Bacaan dengan Baik dan Benar


Pengertian dan Cara Meringkas Teks Bacaan dengan Baik dan Benar. Kamu pasti pernah membaca sebuah berita. Berita tersebut akan lebih mudah kamu ingat jika kamu membuat ringkasannya. Meringkas disebut juga merangkum.Meringkas adalah suatu kegiatan memendekkan karangan atau suatu bacaan. Kamu harus tahu, saat meringkas, isi ringkasan tidak boleh berbeda dari bacaan aslinya.

Agar dapat membuat ringkasan, perhatikan baik-baik langkah-langkah meringkas berikut ini:
  1. Bacalah berita dengan sungguh-sungguh. Artinya, kamu harus membaca secara urut bacaan tersebut. Mulai dari judul sampai akhir bacaan. Jangan ada yang terlewati. Pahamilah isi berita tersebut. Bacalah dua sampai tiga kali untuk memahami isi berita.
  2. Carilah inti dari bacaan. Inti dari bacaan dapat kamu temukan dari setiap paragraf. Jadi, pusatkan perhatianmu pada setiap paragraf. Lalu tulislah hal-hal penting yang ada dalam setiap paragrafnya,
  3. Tulislah secara urut mulai dari paragraf pertama sampai akhir paragraf. Jangan lupa untuk menulis judul berita yang kamu ringkas.
Agar lebih memahami cara meringkas teks bacaan, ambilah sebuah buku yang kamu suka kemudian pilih bagian yang kamu suka, setelah membaca dengan seksama tulis dengan bahasa kamu. Lakukan kegiatan itu berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Gadis Kelahiran Lampung namun hidup di Kota Kecil Boyolali. Kata demi kata terangkai untuk memberikan sebuah makna berbagi kepada penerus Bangsa ini.