Contoh Soal TAP (PDGK4500) S1 PGSD UT dan Pembahasannya

Contoh Soal TAP (PDGK4500) S1 PGSD UT dan Pembahasannya
Contoh Soal TAP (PDGK4500) S1 PGSD UT dan Pembahasannya

Contoh Soal Tap (PDGK4500) S1 PGSD UT dan Pembahasannya

Contoh Kasus TAP (PDGK4500) S1 PGSD UT

Bu Sinta guru kelas II SD Mekarsari yang sudah mengajar selama 2 tahun. Suatu hari dalam pembelajaran tematik, Ibu Sinta akan mengajarkan anak-anak untuk mendeskripsikan berbagai macam benda. Pelajaran dimulai dengan menanyakan kepada anak-anak apakah mereka tahu boneka?
secara serentak anak-anak menjawab "Tahu Bu"

Kemudian Ibu Sinta menyuruh anak-anak menceritakan apa yang diketahuinya tentang boneka.
"Rambutnya pirang" Jawab Nia.
"Kulitnya Putih" Jawab Tari.
"Bonekaku kulitnya hitam" Sanggah Dian.

Setelah beberapa anak menjawab, Ibu Sinta menuliskan 10 jenis benda di papan tulis, yaitu: obat, nasi, baju, sepeda, sepatu, uang, bunga, meja, gelas dan rumah.

Ibu Sinta :"Coba tuliskan di bukumu apa yang kamu ketahui tentang setiap benda ini."
Ibu Sinta memandang anak-anak sejenak, kemudian berkata "Mengerti anak-anak?
Mengerti (jawab anak-anak serempak)

Anak-anak berusaha menuliskan apa yang diketahuinya tentang benda-benda tersebut. Setelah selesai, Ibu Sinta menyuruh satu orang anak untuk membacakan apa yang ditulisnya. Mendengar hasil pembacaan tadi, Ibu Sinta sangat kecewa tetapi mencoba menahan diri.

Dengan suara tidak bersahabat anak yang membaca tadi disuruh duduk, dan semua anak disuruh mengumpulkan pekerjaannya. Kekecewaan Ibu sinta menjadi-jadi setelah melihat tulisan anak-anak secara keseluruhan. Deskripsi yang dituliskan anak-anak sangat singkat, sebagain besar hanya terdiri dari satu kata, bahkan banyak yang kosong. Ibu Sinta tidak bisa membayangkan mengapa ketika mendeskripsikan boneka, anak-anak dapat memberikan jawaban yang beraneka ragam, tetapi setelah diminta menuliskan deskripsi secara sendiri-sendiri, hasilnya sangat mengecewakan. 

Soal TAP (PDGK4500) S1 PGSD UT

  1. Tentukan teori yang mendukung dalam proses perkembangan sosial dan pengetahuan anak dalam proses pembelajaran, yaitu teori Bandura dan Burner, Gagne dan Briggs, David Ausubel dan Jean Piaget? (cari informasi di internet)
  2. Identifikasikan satu hal positif dan satu hal negatif yang dilakukan oleh ibu Sinta dalam pembelajaran di atas. Beri alasan mengapa hal tersebut anda anggap positif dan yang satu lagi anda anggap negatif?
  3. Mengapa anak tidak dapat mendeskripsikan benda-benda tersebut dengan baik? Jelaskan jawaban anda dengan contoh yang diambil dari kasus diatas?
  4. Jika anda akan mengajarkan anak-anak kelas II SD untuk mendeskripsikan benda tertentu, media/alat bantu apa yang seyogiyanya anda gunakan? Berikan alasan mengapa anda memilih media/alat tersebut?
  5. Susunlah rancangan langkah-langkah kegiatan yang akan anda tempuh dalam pembelajaran mendeskripsikan tersebut dengan menggunakan media/alat bantu yang anda piih pada butir 3. Langkah kegiatan terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Beri alasan mengapa anda merancang langkah-langkah tersebut?

Rambu-Rambu Pembahasan TAP (PDGK4500) S1 PGSD UT

1. Teori Ahli
  • Albert Bandura sangat terkenal dengan teori pembelajaran social (Social Learning Teory) salah satu konsep dalam aliran behaviorisme yang menekankan pada komponen kognitif dari fikiran, pemahaman dan evaluasi.
  • Gagne dan Briggs menyatakan bahwa hasil belajar merupakan kemampuan internal (capability) yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang telah menjadi milik pribadi seseorang dan memungkinkan orang itu melakukan sesuatu.
  • David Ausubel lebih menekankan pada teori belajar bermakna (meaning full learning). 
  • Teori belajar Jean Piaget mengungkapkan bahwa perkembangan kognitif mempunyai empat aspek, yaitu 1) kematangan, sebagai hasil perkembangan susunan syaraf; 2) pengalaman, yaitu hubungan timbal balik antara orgnisme dengan dunianya; 3) interaksi sosial, yaitu pengaruh-pengaruh yang diperoleh dalam hubungannya dengan lingkungan sosial, dan 4) ekullibrasi, yaitu adanya kemampuan atau sistem mengatur dalam diri organisme agar dia selalu mempu mempertahankan keseimbangan dan penyesuaian diri terhadap lingkungannya.
Berdaskan beberapa teori para ahli di atas semuanya berhubungan satu sama lainnya. Pembelajaran di kelas sangat perlu adanya pembiasaan agar siswa terbiasa untuk mengaplikasikan ide-ide yang sebelumnya ia peroleh salain itu dukungan guru agar memberikan materi-materi yang membuat kesan belajar sehingga bermakna. Namun perlu diperhatikan oleh guru hendaknya siswa dapat mengembangkan kemampuan sosial serta kognitif serta beberapa hal lain seperti yang diungkapkan oleh Jean Peaget.

Berhubungan dengan permasalahan yang dialami oleh Bu Sinta yang mengajar dikelas 2, perlu dipahami bahwa pemahaman siswa ketika mendeskripsikan suatu benda hendaknya perlu diberikan contoh yang sesuai dengan tujuan pembelajaran Bu Sinta.

2. Hal Positif
  • Bu Sinta melakukan apersepsi
  • Memberikan contoh 
    Hal Negatif
  • Tidak menghadirkan objek konkrit untuk contoh
  • Tidak memberikan contoh cara mendeskripsikan yang benar
  • Tidak memberikan penguatan

3. Rambu-Rambu
  • Seharusnya Bu Sinta memberikan objek konkritnya
  • Objek kurang diakrabi anak dan kurang bervariasi

4. Rambu-Rambu
  • Hendaknya menghadirkan benda alamiah dan nyata

5. Rambu-Rambu
  • Pembagian kelompok
  • Buat aktivitas berkelompok
Demikianlah pengalaman mimin ketika menempuh pendidikan di UT.
Semoga memberikan manfaat

0 Response to "Contoh Soal TAP (PDGK4500) S1 PGSD UT dan Pembahasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel