Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mendikbud dan Kepala BKN: CPNS Guru Tetap Ada

Mendikbud dan Kepala BKN: CPNS Guru Tetap Ada

Mendikbud dan Kepala BKN: CPNS Guru Tetap Ada

Dokumen Guru - Kepala BKN: CPNS Guru Tetap Ada. Adanya kabar rekrutmen CPNS tahun 2021 menjadi angin segar untuk masyarakat setelah tahun sebelumnya tidak dibuka karena adanya pandemic Covid-19.


Kabar tersebut tidak sepenuhnya menjadi kabar gembira bagi Sebagian besar guru lantaran beberapa hari lalu seperti kita ketahuhui adanya kesepakatan bawah Kemendikbud, KemenPANRB, dan BKN untuk memenuhi kebutuhan guru Indonesia akan dilakukan perekrutan besar-besaran melalui jalur PPPK bukan lagi melalui CPNS.


Pernyataan Kepala BKN: CPNS Guru Tetap Ada

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengungkapkan kebijakan mengalihkan formasi guru CPNS ke PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dilakukan guna memenuhi ketentuan dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN).


Dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dikatakan hanya ada dua skema pegawai yang diakui, yakni PNS dan PPPK. Sejalan dengan lengkapnya regulasi mengenai PPPK, pemerintah pun mulai tahun ini mengurangi persentase jumlah PNS.


Jabatan guru mendapatkan formasi PPPK yang sangat besar, yaitu sebanyak satu juta orang karena bertujuan untuk memenuhi kebutuhan guru. Walaupun demikian, kata Bima, ada posisi tertentu yang akan tetap diisi PNS tak terkecuali formasi guru.


Kepala BKN memberikan penegasan bahwa Pemerintah masih tetap akan merekrut guru CPNS namun secara terbatas. "Rekrutmen guru CPNS akan dibuka tetapi terbatas dan itu hanya untuk posisi guru manajerial," ungkap Bima.


Pernyataan Mendikbud: CPNS Guru Tetap Ada

“Formasi CPNS bagi guru tetap akan diadakan ke depannya, di samping perekrutan guru PPPK skala besar yang menjadi fokus pemerintah di tahun 2021,” kata Iwan kepada wartawan (5/1/2021). Iwan menegaskan, pemerintah mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK. Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPNS. “Kemendikbud terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya,” kata dia. Tahun ini, pemerintah membuka kesempatan bagi para guru honorer, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2), untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru PPPK. Kebijakan ini telah diumumkan Kemendikbud pada 23 November 2020 dan menjadi fokus Badan Kepegawaian Negara (BKN) di tahun 2021.


Oleh karena itu, bagi bapak dan ibu guru serta lulusan terbaru tetap semangat dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.


Sumber:

https://www.jpnn.com/

https://investor.id/

Post a Comment for "Mendikbud dan Kepala BKN: CPNS Guru Tetap Ada"

Berlangganan via Email