Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 1 Tema Optimis

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 1 Tema Optimis
Buku Paket Budi Pekerti Kelas 6 SD

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 1 Tema Optimis

Dokumen Guru. Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 1 Tema Optimis. Ketika kita dirinya mengalami kesulitan atau kegagalan, ia akan memikirkan cara agar dapat melakukan yang lebih baik di kemudian hari dengan mengevaluasi faktor-faktor yang sekiranya bisa mengurangi kesalahan. Setelah dirinya berhasil, ia akan menganggapnya sebagai pertanda baik pada hal-hal yang akan datang nanti.

Jenis emosi positif ini sudah menyangkut pada bagaimana cara seseorang memandang hidupnya secara menyeluruh, sehingga datangnya juga memerlukan usaha dan tidak secepat bentuk kebahagiaan lainnya. Selain itu, bersikap optimis dapat membuat tubuh kita terasa lebih sehat.


Kompetensi Dasar Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 1 Tema Optimis

3.1 memahami perilaku optimis dan pantang menyerah dalam kehidupan sehari-hari

4.1 melakukan perilaku optimis dan pantang menyerah dalam kehidupan sehari-hari


Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 1 Tema Optimis

A. Optimis vs Pesimis

1. Optimis merupakan kecenderungan untuk selalu berharap hal-hal yang menyenangkan walalupun menghadapi hal-hal yang tidak menyenangkan


2. Orang optimis selalu berusaha dan mencoba untuk menjadi orang yang berhasil meskipun banyak hambatan dan rintangan, orang optimis selalu bersemangat untuk mencapai apa yang diinginkan.


3. Lawan optimis adalah pesimis.


4. Orang pesimis merupakan orang yang selalu dihantui rasa ketidakmampuan diri sendiri untuk meraih sesuatu.


5. Orang pesimis kehidupannya lebih dikuasai lebih banyak dikuasai oleh pikiran negatif, hidup penuh kebimbangan dan keraguan, tidak percaya diri, mudah putus asa, selalu menyalahkan orang lain dan keadaan.


6. Orang dengan sikap mental pesimis sama halnya mengidap penyakit “miskin mental”


B. Bagaimana cara agar menjadi orang optimis?

1. Tips yang dapat kita lakukan agar kita menjdai orang optimis

a. Selalu percaya diri

b. Selalu berpikir positif dan meninggalkan pikiran negatif

c. Menikmati

d. Berdoa


2. Orang yang optimis memiliki rasa percaya diri tinggi. Ketika memperoleh tugas, selalu selalu percaya pada diri sendiri bahwa kita mampu untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas dengan baik.


3. Tidak setiap kali rencana kita selalu berhasil. Orang yang optimis selalu memandang kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.


4. Apapun yang sedang kita lalukan saat ini, hendaknya kita harus selalu menikmati. Menikmati hal yang sedang kita lalukan membuat pekerjaan menjadi terasa ringan dan mudah serta tidak merasa terbebani.


5. Selalu beriktiar dan berusaha dengan berdoa kepada Tuhan akan membuat tujuan kita mudah tercapai. Tuhan akan mengabulkan doa-doa orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh.


Referensi:

Sumarna, Epi dkk. 2009. Pendidikan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kelas 5. Tangerang. PT Griya Widya Pustaka

Post a Comment for "Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 1 Tema Optimis"