Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian dan Contoh Teks Pidato Anak SD

Pengertian dan Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD

Dokumen Guru. Pengertian dan Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD. Pasti kamu pernah dengar orang berpidato. Misalanya kepala sekolah menyampaikan pidato pada saat upacara bendera atau bapak Jokowi, Presiden Republik Indonesia yang menyampaikan pidatonya pada acara-acara penting.

Menurut KBBI, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Nah secara umum, pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal.


[www.dokumenguru.com] Pengertian dan Contoh Teks Pidato Anak SD

Pengertian dan Pokok-Pokok Pidato

Bagi kamu yang masih duduk di bangku kelas 6 SD di Tema 7 kita belajar tentang pidato. Pidato merupakan bentuk komunikasi lisan yang memiliki unsur unsur berupa intonasi, gerak-gerik, dan mimik. Pokok-pokok pidato meliputi pendahuluan, isi, dan penutup. Teks pidato harus memuat hal-hal pokok, sebagai berikut:

1. Salam pembuka

Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain).

2. Pendahuluan

Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.

3. lnti

Berisi pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.

4. Penutup

Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.

5. Salam penutup

Berisi kalimat salam penutup seperti “terima kasih”.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh 
Alhamdulillahirobbil ‘alamin, Waasholatuashalamu’ala ashrofil ‘ambiyaiwalmursalin Waa’ ala alihi wasohbihi ajma’in. Ammaba’du.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SD ….
Yang saya hormati Bapak Ibu dewan guru 
Yang saya hormati orang tua/ wali murid
Dan teman-teman yang berbahagia

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang memberikan berbagai nikmat dan karunia yang tidak bisa kita hitung dan kita bandingkan dengan hal lain. Dialah Allah yang telah memberikan kita nikmatnya iman dan indahnya Islam, dan Allah juga yang telah memberikan nikmat pada sebuah pertemuan dan perpisahan. 

Shalawat beserta salam mari senantiasa kita hadiahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Suri tauladan seluruh umat, dialah yang telah mengajarkan kita semua tentang kebaikan dengan ketauladanannya, sehingga kita sebagai umatnya selalu dimuliakan dan dibedakan dari umat-umat sebelumnya. Selain itu dialah yang telah memberikan kita keterangan dari kegelapan dunia yang menyesatkan dan syafaatnya lah yang kita tunggu-tunggu di yaumil akhir nanti.

Bapak dan ibu guru yang saya hormati 
Mungkin ini adalah hari terakhir kami di sini setelah enam tahun bangunan ini menjadi rumah kedua kami. Tetapi itu bukan alasan untuk kami melupakan segala jasa-jasa dan kebaikan-kebaikan bapak dan ibu guru kepada kami hingga detik ini. Bagitu banyak sesuatu yang telah bapak dan ibu guru berikan untuk kami, tak hanya ilmu, namun banyak sekali hal yang tak dapat kami sebutkan satu persatu tentang kebaikan kalian agar kami memiliki masa depan yang lebih berarti. 

Bapak dan ibu guru tercinta
Saya di sini mewakili seluruh teman-teman kelas 6 SD ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua yang telah Bapak dan Ibu guru berikan kepada kami selama ini. Kami sadar kami tak mampu membalas semua jasa bapak dan ibu guru tapi kami yakin Allah maha tahu, semoga semua yang bapak Ibu guru berikan, dicatat dan dijadikan amal kebaikan serta amal ibadah di sisi Allah SWT.
Amin.

Bapak dan Ibu guru, 
Pada kesempatan kali ini ini pula saya mewakili teman-teman semua ingin memohon maaf apabila selama kami berada di sekolah ini, tingkah laku dan kejahilan kenakalan-kenakalan yang kami anggap candaan baik secara sengaja maupun tidak sengaja telah menyakiti hati bapak dan ibu guru kami sangat berharap bapak dan Ibu guru mau memaafkan segala bentuk perbuatan kami tersebut. 

Untuk adik-adikku yang saya banggakan. 
Saya disini hanya bisa berpesan kepada adik-adik kelas untuk belajarlah dengan baik dan sungguh-sungguh, tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan buang waktu kalian dan juga jangan sampai diri kalian menyesal pada suatu saat nanti. Pesan yang tak kalah penting juga, hormatilah orang tua kalian disekolah dan patuhlah kepada mereka karena pada dasarnya mereka adalah orang-orang yang ingin membawa kita kehidupan yang lebih baik lagi. 

Sebelum saya menutup pidato ini, saya memiliki sepenggal pantun yang mungkin layak untuk didengarkan, 

Hati gembira dengan teman 
Bersuka cita di bawah jambatan 
Jika kita masih di izinkan Tuhan 
Kita pasti bertemu dihari kemudian 

Kiranya cukup sampai disini, jika ada salah-salah kata saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun. Saya akhiri dengan Wabillahitaufik walhidayah. 

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. 

Contoh Teks Pidato Hari Kartini

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua.

Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April adalah momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini. Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan Pendidikan Indonesia.

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.

Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. Dengan memahami makna Hari Kartini, para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Semoga dengan peringatan ini, akan muncul Kartini–Kartini generasi baru untuk terus berjuang, baik sebagai pejuang hak wanita maupun sebagai pondasi penting dalam kemajuan Negara Indonesia di berbagai aspek. Seperti lirik lagu yang diciptakan oleh W.R. Soepratman “Ibu kita Kartini, Putri sejati, Putri Indonesia, Harum namanya”. Meskipun Ibu Kartini sudah tidak ada, tetapi namanya dan perjuangannya dapat terus dinikmati hingga sekarang.

Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah informasi seputar Pengertian dan Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD
Semoga bermanafaat

Referensi:
Buku Kurikulum 2013 Kelas 6 SD

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Teks Pidato Anak SD"