Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 3 SD Lengkap

Dokumen Guru. Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 3 SD Lengkap. Budi Pekerti merupakan mata pelajaran muatan lokal wajib pada satuan pendidikan. Budi Pekerti disusun dari jenjang pendidikan sampai jenjang pendidikan menengah, untuk menggunakannya siswa memilih sesuai dengan jenjang dan satuan pendidikan masing masing.


Menurut Ki Hadjar Dewantara, budi pekerti, atau watak atau karakter merupakan perpaduan antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga. Budi pekerti juga dapat diartikan sebagai perpaduan antara Cipta (kognitif), Karsa (afektif) sehingga menciptakan Karya (psikomotor).

Materi Budi Pekerti mengacu pada kurikulum yang telah dirancang oleh instansi pemerintah yang berwewenang, disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan siswa serta mempertimbangkan kondisi lingkungan belajar siswa. Dengan menggunakan buku ini diharapkan siswa dapat memahami nilai-nilai moral, agama serta adat-istiadat lingkungan pembinaan akhlak dan budi pekerti luhur, budaya lingkungan setempat, tata karma dan sopan santun siswa.

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 3 SD Lengkap

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 3 SD Semester 1 Lengkap

Bab 1 Tema Disiplin

Bab 2 Tema Kehormatan Diri
Bab 3 Tema Kelestarian Lingkungan

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 3 SD Semester 2 Lengkap

Bab 4 Tema Saling Menghargai dan Tenggang Rasa
Bab 5 Tema Percaya Diri
Bab 6 Tema Hidup Hemat
Siswa diharapkan nantinya mempunyai pengetahuan serta kecerdasan intelektual tentang apa dan bagaimana akhlak dan budi pekerti yang baik, mempunyai keterampilan motorik dan kebiasaan melakukan kegiatan-kegiatan sebagaimana yang telah dipelajari pada mata pelajaran bud pekerti di sekolah, yang akhirnya kelak dalam kehidupannya di masyarakat dapat menyesuaikan diri dan menjadi warga yang mempunyai akhlak dan budi pekerti baik.

Referensi:
Maryanto, Djuni., dkk. 2011. Pendidikan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kelas 3. Tangerang: PT. Griya Widya Pustaka.