Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 3 Tema Berpikir Kreatif dan Inovatif

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 3 Tema Berpikir Kreatif dan Inovatif
Buku Paket Budi Pekerti Kelas 6 SD

Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 3 Tema Berpikir Kreatif dan Inovatif

Dokumen Guru. Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 3 Tema Berpikir Kreatif dan Inovatif. Coba perhatikan, bagaimana para pejuang dan pahlawan Indonesia berjuang melawan penjajah? Para pejuang berjuang dengan segala keterbatasan, baik keterbatasan personil, strategi maupun persenjataan. Sedangkan penjajah memiliki kelebihan. Personil penjajah memang anggota militer yang terlatih, mereka memiliki strategi yang maju, serta persenjataan yang lebih lengkap dan modern.


Apa yang digunakan oleh para pejuang untuk melawan kezaliman penjajah? Mereka mengasah otak dengan berpikir kreatif dan inovatif. Apa wujud kreativitas dan inovasi mereka? Ibarat pepatah: tak ada rotan, akar pun jadi. Walau tak memiliki senapan otomatis, para pejuang menggunakan bumbu runcing untuk melawan. Walau tak pernah belajar strategi di sekolah militer, para pejuang belajar strategi dari pengalaman. Walaupun mereka bukan anggota militer, rakyat biasa pun ikut berjuang dengan semangat.


Kreativitas dan inovasi para pemimpin dan tokoh pejuang menghasilkan perjuangan yang terus berlanjut. Mereka bergerilya siang malam, keluar masuk kota dan hutan. Makan apa adanya. Mengatur strategi yang jitu untuk menyerang penjajah. Hasilnya adalah perjuangan yang tiada henti dan kemerdekaan yang bisa diraih.


Nah, bagaimana kreativitas dan inovasi dalam kehidupan kalian sebagai generasi penerus banga? Apakah kalian memiliki pola pikir kreatif dan inovatif? Kreativitas dan inovasi sekarang bukan dalam rangka melawan penjajah demi meraih kemerdekaan, tapi untuk mengisi kemerdekaan dan memajukan bangsa


Kompetensi Dasar Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 3 Tema Berpikir Kreatif dan Inovatif

3.3 memahami pola pikir kreatif dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari

4.3 menerapkan pola pikir kreatif dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari


Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 3 Tema Berpikir Kreatif dan Inovatif

A. Pengertian Kreatif dan Inovatif

1. Kreatif adalah memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; bersifat (mengandung) daya cipta. 


2. Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta; daya cipta; perihal berkreasi; kekreatifan.


3. Inovatif adalah bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru; bersifat pembaruan (kreasi baru),


4. Inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan; penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat),


B. Ciri-ciri Orang Kreatif dan Inovatif

Orang kreatif dan inovatif bisa kita kenali dari beberapa sifat yang dimilikinya, sifat-sifat tersebut antara lain:

1. Rasa ingin tahu tinggi

Rasa ingin tahu tinggi menjadi sumber motivasi untuk melakukan sesuatu dan menciptakan hal-hal baru.


2. Melihat masalah dengan cara pandang positif

Orang kreatif dan inovatif memandang permasalahan dengan cara pandang (perspektif) positif. la melihat masalah sebagai hal yang menarik dan mau menerima permasalahan tersebut.


3. Suka mencari solusi dan alternatif

Orang yang kreatif dan inovatif suka mencari solusi (jalan keluar) dan alternatif (cara lain) atas berbagai masalah yang dialami.


4. Suka tantangan

Orang yang kreatif tidak akan lari dan menghindar bila ada masalah atau diberi tantangan, namun selalu memandang tantangan sebagai kesempatan atau peluang.


5. Tidak mudah puas

Orang kreatif dan inovatif tidak pernah menerima begitu saja hal-hal yang dianggapnya salah. Hal ini akan membangkitkan motivasi untuk mencari dan menemukan hal-hal yang dapat membuat sesuatu menjadi lebih baik.


6. Optimis dan percaya diri

Orang kreatif berkeyakinan bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Mereka tidak membiarkan dirinya tenggelam dan berdiam diri menghadapi permasalahan. Mereka optimis dan percaya diri bahwa ia bisa, sehingga in terus berusaha maksimal.


7. Menghargai ide dan sikap.

Orang kreatif dan inovatif tidak gampang memberikan penilaian dan mengambil sikap akan satu ide. Ia tidak suka menghakimi orang lain. Sebaliknya, ia menghargai suatu ide dan sikap.


8. Melihat kesulitan sebagai cara peningkatan diri.

Orang kreatif dan inovatif melihat kesulitan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan. Semakin tinggi kesulitan yang dihadapi berarti akan semakin meningkat pula kemampuan dirinya jika bisa melewati kesulitan itu.


9. Fleksibel

Orang kreatif mempunyai pemikiran yang flexibel dan tidak kaku sehingga mereka bisa melihat berbagai celah yang tak terlihat oleh kita.


10. Imajinatif dan prospektif

Orang yang kreatif dan inovatif memiliki imajinasi yang kuat dan tinggi. Imajinasi ini yang menghasilkan ide-ide yang luar biasa dan solusi yang baik atas setiap masalah.


Referensi:

Sumarna, Epi dkk. 2009. Pendidikan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kelas 5. Tangerang. PT Griya Widya Pustaka

Post a Comment for "Rangkuman Materi Budi Pekerti Kelas 6 SD Bab 3 Tema Berpikir Kreatif dan Inovatif"