Widget HTML #1

[PPT] PowerPoint Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku

Media Pembelajaran PowerPoint Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku

Dokumen Guru. Dokumen Guru. Ada berbagai media pembelajaran. Beberapa ahli mencoba menggolongkan media untuk mengenal karakteristik media tersebut. Sudjana (2010) mengungkapkan bahwa media pembelajaran digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu: media audio, media visual, media audio visual, dan lingkungan sebagai media.

Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitas (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka) sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga.
Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, misalnya:
Objek yang terlalu besar, bisa digantikan dengan gambar atau model.

[www.dokumenguru.com] Media Pembelajaran Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku
Tema 5 Pahlawanku

Media Pembelajaran PowerPoint

Setiap sekolah memiliki fasilitas berbeda. Ketersediaan media yang dapat menunjang proses belajar mengajar antara sekolah yang satu dengan sekolah lain berbeda. Keterbatasan akan media tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu sulitnya memperoleh media yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan kepada siswa, keterbatasan dana, cepat rusak, kurang dukungan dari pimpinan dan lain sebagainya. Daryanto (2006:31) mengatakan stand alone adalah pola penyajian Microsoft Office Power Point yang dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif. Setiap siswa dapat mempelajari materi pelajaran secara individual. Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannya sehingga penggunaan Microsoft Office Power Point dengan pola penyajian stand alone diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keterbatasan akan adanya media seperti perangkat presentasi yang diperlukan sebagai alat yang mampu menampilkan informasi yang terdapat pada Microsoft Office Power Point dapat diatasi dengan menggunakan pola penyajian stand alone. Dengan bantuan media powerpoint, seorang guru dapat mempresentasikan materi ajar kepada siswa bisa lebih mudah dalam mentransformasikan ilmunya melalui presentasi yang diberikan oleh seorang guru kepada anak didiknya di kelas. Disamping memudahkan seorang guru menguasai kelas dan membantu anak-anak didik untuk tetap fokus dengan apa yang diterangkan oleh seorang guru.

Pemetaan KD Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku

Pada kesempatan ini, Dokumen Guru berbagi kepada sahabat pendidikan, agar dapat menggunakan Media PowerPoint secara gratis dan cuma-cuma. Adapun pemetaan kompetensi dasar Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku, adalah sebagai berikut:

PPKn

1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragamadi masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia

3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan Bahasa sendiri.

IPA

3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya.

IPS

3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.

SBdP

3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu.

Media Pembelajaran PowerPoint Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku

Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan 

Subtema 2 Pahlawanku Kebanggaanku 

Subtema 3 Sikap Kepahlawanan

[PDF] Rangkuman Materi Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku

[Buku Siswa] Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku

[Buku Guru] Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku

Demikianlah Media Pembelajaran PowerPoint Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku
Semoga bermanfaat
Mr. Dege
Mr. Dege Menulis merupakan bagian dari seni berbagi cerita.

Posting Komentar untuk "[PPT] PowerPoint Kelas 4 SD Tema 5 Pahlawanku"