Widget HTML #1

Rangkuman Materi Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Rangkuman Materi Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Dokumen Guru. Rangkuman Materi Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha. Pada kesempatan ini admin akan berbagi rangkuman materi pelajaran untuk kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha. Rangkuman ini diambil dari Buku Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha Edisi Revisi 2018.

[www.dokumenguru.com] Rangkuman Materi Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Tema 5 Wirausaha
Tema 5 Wirausaha

Kompetensi Inti Kelas 6 SD

1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya, serta cinta tanah air.

3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

4. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.


Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha.

Kompetensi Dasar Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha Muatan Mata Pelajaran PPKn

1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi.

Kompetensi Dasar Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha Muatan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.) 

4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.

Kompetensi Dasar Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha Muatan Mata Pelajaran IPA

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari.

4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha Muatan Mata Pelajaran IPS

3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial,

budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. 

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Kompetensi Dasar Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha Muatan Mata Pelajaran SBdP

3.1 Memahami reklame.

4.1 Membuat reklame.


Rangkuman Materi Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Muatan Pelajaran PPKn

A. Wirausaha di Sekitar Kita

1. Wirausaha berasal kata wira (berani) dan usaha (kegiatan yang mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud). "Dapat diartikan, wirausaha merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara mandiri dan berani.

2. Wirausaha merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara mandiri dan berani.

3. Seorang pelaku wirausaha bekerja atas inisiatifnya sendiri, dan tidak terikat dengan sebuah lembaga.

4. Untuk dapat mencapai kesuksesan, kerja keras merupakan modal yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Begitu pula dengan kejujuran dan ketekunan, perlu dimiliki agar peluang keberhasilan terbuka lebar.

5. Ciri-ciri wirausaha

a. Mempunyai keberanian untuk mengambil risiko dalam menjalankan usahanya, untuk mengejar keuntungan yang merupakan imbalan dari karyanya.

b. Mempunyai daya kreasi, imajinasi dan kemampuan yang sangat tinggi untuk menyesuaikan diri dengan keadaan.

c. Mau dan mampu bekerja keras dan tekun dalam menghasilkan barang dan jasa, serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien.

d. Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha mencari penghasilan dan keuntungan.

e. Mempunyai semangat yang tinggi dan kemauan yang keras untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi.

f. Mempunyai kemampuan yang tinggi dalam memanfaatkan kesempatan yang ada, dengan membawa teknik-teknik baru dan mengorganisasi usaha-usahanya secara efektif dan efisien.

6. Keberagaman wirausaha disekitar kita

a. Usaha kecil di bidang kuliner

Contoh usaha kuliner: ayam goreng, bakso, mie ayam, nasi gudeg, masakan daerahu, dan lain-lam Kuliner dalam bentuk minuman: es krim, susu, kopi, es kelapa muda, dan lain-lain

b. Usaha kecil di bidang jasa

Contoh usaha jasa yang berhubungan dengan birokrasi: pengurusan surat-surat kendaraan, surat in mengemudi, surat ijin usaha, dan pengurusan dokumen penting lainnya. Usaha jasa yang berhubungan dengan IT: jasa pembuatan website, jasa SEO, desain grafis, dan pembuatan program komputer.

c. Usaha kecil jual beli

Contoh usaha jual beli; ponsel, kendaraan pribadi (roda dua/roda empat), komputer, kamera, bahkan sampai hewan peliharaan.

d. Usaha kecil di bidang agrobisnis

Contoh usaha kecil bidang Agrobisnis: budidaya ikan lele, peternakan ayam, peternakan sapi, budidaya hewan peliharaan, budidaya sayur mayur, buah-buahan dan lain sebagainya.

7. Contoh wirausaha

a. Pak Aris adalah seorang penjual bakso keliling. Setiap pagi, la membuat sendiri bakso jualannya sebelum berkeliling.

b. Ibu Juminten seorang penjual jamu, la juga meracik sendiri jamu buatannya untuk dijual.

c. Pak Bambang memiliki usaha jasa pengiriman barang keluar kota, la merintis usahanya pada lima tahun yang lalu. Sekarang ia telah memiliki lima kantor cabang di berbagai kota.


Muatan Mata pelajaran Bahasa Indonesia

A. Formulir

1. Formulir adalah lembaran kartu/kerta: dengan ukuran tertentu yang di dalamnya terdapat data/informasi yang bersifat tetap dan juga bagian lain yang diisi dengan bagian yang tidak tetap.

2. Keuntungan penggunaan formulir adalah kita hanya mengisi data-data yang diperlukan saja.

3. Formulir biasanya diisi pada saat akan mengikuti suatu kegiatan.

4. Formulir dapat membantu penyampaian data diri dengan cepat dan tepat.

5. Beberapa jenis formulir di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Formulir pendaftaran. Formulir ini digunakan pada saat akan mendaftar pada suatu kegiatan. Isian biodata biasanya berupa nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, keluarga, hobi, minat, dan lain sebagainya yang diperlukan untuk pendaftaran event atau komunitas tertentu.

b. Formulir-slip tabungan. Formulir ini digunakan pada saat akan memasukan uang tabungan maupun penarikan tabungan. Isian formulir berupa rincian biodata ditambah nomor rekening, jumlah setoran, tanda tangan sendiri, dan tanda tangan teller bank.

c. Formulir anggota. Biasanya berupa biodata singkat, tanda tangan pemilik, dan pernyataan kesediaan sebagai anggota.

d. Formulir CV (Curiculum Vitae) atau daftar riwayat hidup. Seperti namanya, formulir ini berisi tentang riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, pengalaman sebelumnya, serta karya yang sudah dihasilkan.

e. Formulir isian kartu atau wesel pos. Kolom isiannya berupa biodata singkat dan alamat tujuan pos serta nama pengirim dan penerima.

f. Formulir pengiriman barang. Dalam formulir tersebut terdapat informasi mengenai barang yang dikirim, alamat dan identitas pengirim, serta alamat dan identitas penerima barang.


Muatan Mata Pelajaran IPA

A. Magnet

1. Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik benda yang mengandung logam.

2. Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Meskipun magnet dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub.

3. Logam yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet disebut logam feromagnetik. Contohnya, besi, baja, kobalt, dan nikel.

4. Logam yang lemah ditarik oleh magnet disebut logam paramagnetik. Contohnya, aluminium, seng, dan platina.

5. Logam yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut diamagnetik (tidak mempunyai sifat magnet). Contohnya, kayu, kertas, plastik, perak, emas, dan intan.

B. Jenis-Jenis Magnet

1. Secara garis besar jenis magnet dibedakan menjadi dua macam, yaitu: magnet alam dan magnet buatan.

2. Magnet alam merupakan salah satu jenis magnet yang memiliki sifat magnet secara alami dan tanpa adanya campur tangan manusia. Sebagai contoh yaitu Gunung Ida di Magnesia yang sudah terbukti mampu menarik benda-benda yang ada disekitarnya.

3. Magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh manusia dengan menggunakan bahan magnetik kuat, seperti besi dan baja.

4. Magnet buatan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu: magnet sementara (remanen) dan magnet tetap (permanen).

5. Magnet sementara (remanen) merupakan magnet yang memiliki sifat kemagnetan hanya sementara, yaitu hanya terjadi selama proses pembuatannya.

6. Magnet tetap (permanen) merupakan magnet yang sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses pembuatan sudah dihentikan.

7. Bentuk magnet buatan antara lain:

[www.dokumenguru.com] Bentuk Magnet
Berbagai Bentuk Magnet
Sumber: Buku K13 Kelas 6 SD Tema 5

8. Magnet U atau magnet ladam, magnet yang paling besar gaya tariknya,

C. Sifat-Sifat Magnet

Sifat-sifat magnet antara lain:

a. Magnet memiliki gaya Tarik 

Magnet dapat menarik benda-benda yang mengandung bahan besi, kobalt, atau nikel.

b. Gaya tarik magnet dapat menembus benda

Kemampuan gaya tarik magnet menembus benda dipengaruhi oleh jenis benda dan kekuatan magnet.

c. Magnet mempunyai dua kutub

Magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub utara magnet selalu menunjuk kutub utara bumi. Kekuatan gaya tarik magnet yang terbesar terletak pada kedua kutubnya. Gaya tarik magnet semakin kuat jika jarak magnet dengan benda makin dekat.

d. Medan magnet

Medan magnet adalah ruang/daerah disekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet digambarkan dengan garis–garis gaya magnet, dan dinyatakan dengan anak panah.

[www.dokumenguru.com] Medan Magnet
Medan Magnet
Sumber: Ruang Guru

 e. Gaya tolak dan gaya Tarik

Sifat magnet adalah tarik menarik apabila didekatkan dua buah magnet yang tidak sejenis. Dan akan tolak menolak apabila didekatkan dua buah magnet yang sejenis.

D. Kutub-Kutub Magnet

1. Semua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu. 

a. Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat. Daerah ini disebut kutub magnet.

b. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S).

c. Sering kita jumpai magnet yang bertuliskan N dan S. N merupakan kutub utara magnet (north yang berarti utara), sedangkan S kutub selatannya (south yang berarti selatan).

2. Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Selain itu, ada juga magnet yang berbentuk tapal kuda (ladam) dan jarum.

E. Cara Membuat Magnet

1. Magnet tidak hanya dapat ditemukan di alam sebagai magnet alami, tetapi ada juga benda yang dapat dibuat menjadi bersifat magnet.

2. Besi dan baja dapat dijadikan magnet jika magnet elementernya tersusun rapi dan kutub-kutub yang senama menghadap ke arah yang sama.

3. Cara yang dapat dilakukan untuk membuat magnet antara lain sebagai berikut.

a. Membuat magnet dengan cara menggosok

[www.dokumenguru.com] Membuat Magnet dengan Cara Menggosok
Membuat Magnet dengan Cara Menggosok

Besi yang semula bukan magnet, dapat dijadikan magnet dengan cara menggosokkan besi pada salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah.

b. Membuat magnet dengan cara induksi

[www.dokumenguru.com] Membuat Magnet dengan Cara Induksi
Membuat Magnet dengan Cara Induksi

Besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi, Besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.

c. Membuat magnet dengan cara arus listrik

[www.dokumenguru.com] Membuat Magnet dengan Aliran Listrik
Membuat Magnet dengan Aliran Listrik

Magnet juga dapat dibuat dengan cara melilitkan besi atau baja dengan kawat penghantar yang dialiri arus DC. Magnet yang dibuat dengan cara demikian disebut elektromagnet.

4. Menghilangkan sifat kemagnetan

Cara menghilangkan sifat kemagnetan antara lain:

a. dibakar

b. dibanting-banting

c. dipukul-pukul

d. magnet diletakkan pada solenoida (kumparan kawat berbentuk tabung panjang dengan lilitan yar sangat rapat) dan dialiri arus listrik bolak-balik.

5. Kegunaan Magnet

a. penunjuk arah atau kompas

b. pengangkut barang-barang logam

c. mengangkat besi tua dan bahan rongsokan

d. membuat alat mainan

e. membuat bel listrik

f. membuat dinamo sepeda

g. tutup/pintu lemari es


Muatan Mata Pelajaran IPS

A. Peran dan Posisi Indonesia di bidang Ekonomi dalam lingkup ASEAN 

1. Berkontribusi dalam kerjasama di sektor industri

Kerjasama ini salah satunya adalah Asean Aceh Fertilizer Project yang merupakan pabrik pupuk di Aceh – Indonesia.

2. Indonesia berperan dalam lumbung padi ASEAN

Pembangunan lumbung padi untuk memenuhi kebutuhan semua masyarakat negara anggota melalui penguatan, perluasan, dan menjamin keberlanjutan kerja sama lintas negara.

3. Berperan dalam mendukung terbentuknya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)

MEA adalah bentuk integrasi ekonomi regional yang direncanakan untuk dicapai. Tujuan MEA yang paling utama adalah menjadikan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi, yang mana terjadi arus barang, jasa, investasi dan tenaga terampil yang bebas serta aliran modal yang lebih bebas.

ASEAN diharapkan akan menjadi sebuah wilayah yang stabil, sejahtera, dan kompetitif dengan perkembangan ekonomi yang merata, kemiskinan yang berkurang, dan sosio ekonomi yang beragam.

4. Berperan juga dalam Asean Free Trade Area (AFTA)

Bertujuan menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif sehingga produk-produk ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global.

B. Arti Bendera dan Logo ASEAN

[www.dokumenguru.com] Logo Bendera ASEAN
Bendera ASEAN
Sumber: Buku K13 Kelas 6 SD Tema 5

1. Bendera ASEAN melambangkan ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinami.

2. Warna biru melambangkan perdamaian dan stabilitas, merah melambangkan semangat dan kedinamisan, putih menunjukkan kesucian, dan kuning merupakan simbol kemakmuran.

3. Ikatan rumpun padi melambangkan harapan para tokoh pendiri ASEAN agar asosiasi itu secara bersama-sama terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan sosial.

4. Lingkaran melambangkan kesatuan ASEAN.

C. MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

1. Para pemimpin Asean sepakat memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing Asean meningkat dan untuk menarik investasi asing.

2. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.

3. Pembentukan MEA nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

4. MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya.

5. Dengan diterapkannya MEA, peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta  profesi di Indonesia akan semakin terbuka.

6. Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga mempunyai peluang yang lebih besar untuk bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya.

7. Hal ini menandakan bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.

8. Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar. Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, 


Muatan Mata Pelajaran SBdP

A. Reklame

1. Reklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

2. Tujuan reklame adalah agar suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat memiliki keinginan untuk membelinya.

3. Contoh reklame dapat berupa poster, spanduk, brosur, selebaran, logo, baliho, dan embalase.

B. Logo

1. Logo merupakan bagian dari reklame. Logo adalah tanda, lambang, ataupun simbol yang mengandung makna dan digunakan sebagai identitas sebuah organisasi, perusahaan, atau individu agar mudah diingat oleh orang lain.

2. Langkah-langkah membuat logo adalah sebagai berikut.

a. Pilih tema yang kamu inginkan, misalnya tentang persahabatan, kebersihan sekolah, kelompok pencinta lingkungan, kelompok pencinta seni, dan lain-lain.

b. Buat simbol atau gambar yang mewakili tema.

c. Tulis kata atau kalimat yang mewakili tema.

d. Tulis arti dari simbol, gambar, dan warna dari logo.


[PDF] Rangkuman Materi Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha


Soal PAS Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Media Pembelajaran PowerPoint Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha


[Buku Siswa] Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

[Buku Guru] Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha


Referensi:

Buku Kurikulum 2013 Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha Edisi Revisi 2018.

Mr. Dege
Mr. Dege Menulis merupakan bagian dari seni berbagi cerita.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha"